Skip to content

Cart

Your cart is empty

Article: 5 Bacaan Doa Safar Perjalanan Jauh: Arab, Latin, dan Terjemahannya

5 Bacaan Doa Safar Perjalanan Jauh: Arab, Latin, dan Terjemahannya

5 Bacaan Doa Safar Perjalanan Jauh: Arab, Latin, dan Terjemahannya

Perjalanan jauh seringkali melibatkan banyak tantangan dan ketidakpastian. Dalam Islam, membaca doa Safar sebelum memulai perjalanan adalah langkah bijak untuk memohon perlindungan dan kelancaran dari Allah. Berikut adalah 5 bacaan doa Safar beserta teks Arab, Latin, dan terjemahannya.

silhouette of praying man

  1. Doa Safar Pertama:

Arab:

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ، سُبْحَانَ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هَٰذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَىٰ رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ.

Latin:

Bismillahirrahmanirrahim, Subhanallathee sakhkhara lana hatha wama kunna lahu muqrineen. Wa-inna ila rabbina lamunqaliboon.

Terjemahan:

"Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Maha Suci Allah yang telah menundukkan ini untuk kami, padahal sebelumnya kami tidak mampu untuk menguasainya, dan hanya kepada Tuhan kami lah kami akan kembali."

person reading open booked

Sumber: Unsplash.com

  1. Doa Safar Kedua:

Arab:

اللَّهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِ عَنَّا بُعْدَهُ. اللَّهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِي السَّفَرِ وَالْخَلِيفَةُ فِي الْأَهْلِ.

Latin:

Allahumma hawwin 'alaina safarana hadza wa'twi 'anna bu'dahu. Allahumma antas-saahibu fis-safari wal-khalifatu fil-ahli.

Terjemahan:

"Ya Allah, mudahkanlah perjalanan ini untuk kami dan jauhkanlah kesusahan darinya. Ya Allah, Engkau adalah Sahabat dalam perjalanan dan Pewaris di rumah."

  1. Doa Safar Ketiga:

Arab:

اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ فِي سَفَرِنَا هَذَا الْبِرَّ وَالتَّقْوَىٰ وَمِنَ الْعَمَلِ مَا تَرْضَىٰ.

Latin:

Allahumma inna nas-aluka fis-safari haza al-birra wat-taqwa wa minal-amali ma tardha.

Terjemahan:

"Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kebaikan, takwa, dan amalan yang Engkau ridhai dalam perjalanan ini."

a man sitting on the floor wearing a face mask

Sumber: Unsplash.com

  1. Doa Safar Keempat:

Arab:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ وَسُوءِ الْمُنْقَلَبِ فِي الْمَالِ وَالْأَهْلِ.

Latin:

Allahumma inni a'udzu bika min wa'tha-is-safari wa kaabatis-sama'i wa su'il-munqalabi fil-maali wal-ahli.

Terjemahan:

"Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kesulitan perjalanan, pemandangan yang buruk, dan perubahan yang tidak menyenangkan pada harta dan keluarga."

  1. Doa Safar Kelima:

Arab:

اللَّهُمَّ ثَبِّتْ قَلْبِي عَلَى دِينِكَ. اللَّهُمَّ اجْعَلْنِي مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِينَ الَّذِينَ لَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ.

Latin:

Allahumma thabbit qalbi 'ala dinik. Allahumma ij'alni min 'ibadikas-salihin, alladhina la khawfun 'alayhim wa la hum yahzanun.

Terjemahan:

"Ya Allah, tetapkan hatiku dalam agama-Mu. Ya Allah, jadikanlah aku termasuk hamba-hamba-Mu yang shalih yang tidak takut dan tidak bersedih."