Skip to content

Cart

Your cart is empty

Article: 5 Kegiatan yang Bisa Dilakukan di 10 Malam Terakhir Ramadan

5 Kegiatan yang Bisa Dilakukan di 10 Malam Terakhir Ramadan
Ramadhan

5 Kegiatan yang Bisa Dilakukan di 10 Malam Terakhir Ramadan

10 malam terakhir ramadan atau biasa disebut dengan Malam Lailatul Qadar adalah malam yang penuh kemuliaan, bahkan disebut lebih baik dari 1000 bulan. Malam Lailatul Qadar biasanya jatuh pada salah satu malam ganjil pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan dan biasanya memiliki ciri-ciri atau tanda tertentu yang berbeda dengan malam-malam lainnya.

Pada malam-malam terakhir ini setiap umat muslim dianjutkan untuk melakukan kegiatan yang mampu memberikan banyak pahala dan berkah. Terdapat beberapa kegiatan yang bisa dilakukan. Selengkapnya simak di bawah ini.

 

1. Memperpanjang sholat malam

Rasulullah menganjurkan untuk menyambut malam Lailatul Qadar dengan memperpanjang sholat malam di 10 malam terakhir Ramadhan dengan tidak tidur dan menghidupkan malam-malam tersebut untuk beribadah, sholat, dzikir, dan lain-lain hingga waktu fajar. Sebagaimana penuturan Aisyah RA, "Rasulullah SAW biasa ketika memasuki 10 Ramadhan terakhir, beliau kencangkan ikat pinggang (bersungguh-sungguh dalam ibadah), menghidupkan malam-malam tersebut dengan ibadah, dan membangunkan istri-istrinya untuk beribadah." (HR. Al-Bukhari Muslim)

 

2. I'tikaf

I'tikaf merupakan kegiatan berdiam diri di masjid dalam rangka beribadah kepada Allah SWT. I'tikaf dianjurkan setiap waktu, namun lebih ditekankan ketika memasuki 10 malam terakhir Ramadan seperti penuturan Abdullah bin Umar RA, "Rasulullah SAW beri'tikaf pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan." (HR. Muttafaq alaih). I'tikaf memiliki kekhususan tempat dan aktivitas yaitu masjid, dengan aktivitas ibadah mendekatkan diri kepada Allah dengan berdzikir, berdo'a, membaca Al-Quran, sholat sunnah, bersholawat, bertaubat, beristighfar, dan ibadah lainnya.


3. Memperbanyak sedekah

Bersedekah bisa dijadikan sebagai ungkapan syukur atas nikmat dipertemukan dengan Ramadan. Melakukannya di 10 hari terakhir tidak hanya diterjemahkan dengan sedekah wajib berupa zakat fitrah dan zakat mal, tetapi juga dianjurkan memperbanyak sedekah sunnah dalam rangka berbagi kebahagiaan dan memberikan bekal makanan di hari raya Idul Fitri bagi dhuafa.

 

4. Tilawah Al-Quran

Membaca Al-Quran menjadi salah satu amalan atau ibadah yang utama pada 10 hari terakhir Ramadan karena merupakan ibadah yang ringan namun memiliki keutamaan yang besar. Membaca Al-Quran memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan Lailatul Qadar.

 

5. Membaca doa Lailatul Qadar

Amalan selanjutnya yang dapat dilakukan untuk menyambut malam Lailatul Qadar adalah dengan membaca doa Lailatul Qadar. Sebagaimana dalam hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh at-Tirmidzi, Aisyah RA berkata, yang artinya, "Wahai Rasulullah, bagaimana bila aku mengetahui malam Lailatul Qadar, apa yang harus aku ucapkan?" Rasulullah menjawab, "Ucapkanlah, 'Allahumma innaka 'afuwwun tuhibbul 'afwa fa'fu 'anni (Ya, Allah sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf, dan suka memberi maaf, maka maafkanlah aku)'."