Skip to content

Cart

Your cart is empty

Article: Ketika Tak Ada Air Untuk Wudhu, Ini Doa Tayamum dan Tata Caranya

Ketika Tak Ada Air Untuk Wudhu, Ini Doa Tayamum dan Tata Caranya

Ketika Tak Ada Air Untuk Wudhu, Ini Doa Tayamum dan Tata Caranya

Tayamum adalah suatu bentuk ibadah yang diperbolehkan dalam Islam ketika air tidak tersedia atau sulit dijangkau. Ini adalah tindakan penggantian atas wudhu atau mandi wajib yang dilakukan dengan mengusap debu atau tanah yang suci pada bagian tubuh tertentu.

Doa tayamum memiliki makna yang mendalam dan penting dalam menjaga keterhubungan dengan Allah, bahkan dalam kondisi yang tidak memungkinkan. Artikel ini akan mengulas tentang doa tayamum, maknanya, serta prakteknya dalam kehidupan sehari-hari.

Sumber: Unsplash.com

Berikut bacaan niat tayamum dalam Arab, latin, dan artinya.

نَوَيْتُ التَّيَمُّمَ لِاسْتِبَاحَةِ الصَّلَاةِ للهِ تَعَالَى

Nawaitu tayammuma li istibaakhati sholati lillahi ta'ala.

Artinya: "Aku berniat tayamum agar diperbolehkan sholat karena Allah ta'ala."

Sumber: Unsplash.com

Tata Cara Tayamum:

  1. Menyiapkan atau temukan tanah berdebu atau debu bersih.
  2. Menghadap kiblat, mengucapkan bismillah sambil meletakkan kedua telapak tangan pada debu dengan posisi jari-jari tangan dirapatkan.
  3. Kemudian menepuk kedua punggung tangan supaya debunya tidak terlalu menempel.
  4. Lanjut mengusapkan kedua telapak tangan pada seluruh wajah disertai dengan niat tayamum dalam hati. "Nawaitu tayammuma li istibaakhati sholati lillahi ta'ala."
  5. Meletakkan kembali telapak tangan pada debu, sambil jari-jari direnggangkan. Pastikan Anda tidak memakai aksesori jenis apa pun dan harus dilepas sementara.
  6. Menempelkan telapak tangan kiri pada punggung tangan kanan, sekiranya ujung-ujung jari dari salah satu tangan tidak melebihi ujung jari telunjuk dari tangan yang lain.
  7. Usap telapak tangan kiri ke punggung lengan kanan sampai ke bagian siku, lalu balikkan telapak tangan kiri ke lengan kanan dan usap hingga ke pergelangan.
  8. Usap bagian jempol kiri ke jempol kanan dan lakukan hal sama pada bagian kirinya. Di tahap ini, pertemukan kedua telapak tangan dan usap-usap di antara jari-jarinya.

Doa tayamum merupakan bentuk ibadah dalam Islam yang memiliki makna mendalam dalam situasi di mana air tidak tersedia atau sulit dijangkau. Ini adalah tindakan penggantian yang mengajarkan ketaatan dan keterhubungan yang komprehensif dengan Allah dalam kondisi apapun.