Tips Memilih Gamis agar Nyaman Saat Digunakan

Selain baju koko, salah satu busana muslim yang banyak digemari adalah gamis. Gamis sendiri merupakan pakaian khas Arab seperti baju koko, namun memiliki model memanjang. Tidak hanya dipakai saat Lebaran, gamis bisa jadi alternatif buat kalian yang tidak mau ribet berpakaian saat beribadah karena saat mengenakan gamis kalian tidak perlu memakai sarung atau celana dan baju koko secara terpisah. 

Ukuranya yang terbilang lebih besar dan bahannya berbeda jika dibandingkan baju koko pada umumnya, tak jarang membuat orang salah beli dan akhirnya tidak terpakai. Agar hal itu tidak terjadi kalian perlu memahami cara memilih gamis yang baik dan benar. Berikut adalah beberapa tips memilih gamis yang benar agar tetap nyaman dipakai kapan pun.

1. Perhatikan jenis bahan yang digunakan

gamis

Salah satu faktor penentu sebuah pakaian nyaman atau tidak ketika dipakai adalah jenis kain yang digunakan. Kain yang kasar, berat, dan panas ketika dipakai tentu akan membuat kalian tidak nyaman, sehingga ibadah kalian menjadi tidak khusyuk.

Beberapa jenis kain yang sering digunakan dalam pembuatan gamis adalah kain satin, katun, dan moscrepe. Gamis dengan bahan kain katun memiliki karakter yang lembut dan tidak panas ketika dipakai. Kemudian, untuk gamis berbahan satin biasanya bahannya mengilap, tidak mudah kusut, dan elegan ketika dipakai. Dan, untuk gamis moscrepe ini biasanya ringan, akan tetapi agak panas ketika dipakai.

2. Cek ukuran dengan teliti

gamis

Berikutnya tak kalah penting adalah mengecek ukuran gamis yang hendak dibeli dengan menyesuaikan ukuran tubuh kalian. Agar lebih mendapatkan ukuran yang presisi, kalian bisa mengukur tubuh kalian menggunakan meteran. Nah, setelah mendapatkan angka yang pas, kalian tinggal mencocokkan dengan deskripsi ukuran produk gamis yang tertera di toko offline maupun online.

3. Pilih gamis sesuai dengan kegiatan

Gamis sendiri pada dasarnya tidak hanya digunakan untuk aktivitas peribadahan saja. Melainkan juga bisa digunakan untuk kegiatan lainnya. Biasanya yang membedakan fungsi gamis adalah warna dan motif yang digunakan. Jika kalian menggunakan gamis untuk salat, gamis dengan warna polos seperti putih atau hitam bisa jadi pilihan utama. 

4. Jangan ragu untuk mencoba gamis sebelum dibeli

gamis

Apabila kalian membeli gamis di toko secara langsung sebaiknya kalian mencoba gamis yang dipilih terlebih dahulu. Hal itu berguna untuk memastikan bahwa gamis yang kalian pilih pas di tubuh kalian.

Namun, apabila kalian membeli di toko online, cara paling akurat agar tidak salah ukuran adalah melakukan pengukuran secara mandiri dan kemudian dicocokan dengan ukuran produk yang dipilih.

DISKON UP TO 50% OFF

Lihat koleksi sekarang