Skip to content

Cart

Your cart is empty

Article: 3 Manfaat Menjalankan Puasa Syawal yang Sayang Jika Dilewatkan

3 Manfaat Menjalankan Puasa Syawal yang Sayang Jika Dilewatkan
Ramadhan

3 Manfaat Menjalankan Puasa Syawal yang Sayang Jika Dilewatkan

Bulan suci Ramadhan 1444 Hijriyah telah selesai, ada baiknya setelah menjalankan puasa wajib ini kamu kembali menjalankan puasa sunnah selama 6 hari dibulan Syawal. 

Bulan Syawal merupakan bulan ke-10 pada tahun Hijriyah. Banyak manfaat baik yang bisa kamu dapatkan dengan menjalankan puasa sunnah Syawal, salah satunya pahala akan dilipatgandakan. 

"Siapa saja yang puasa enam hari setelah Idul Fitri akan berpuasa selama satu tahun tersebut, dengan satu kebaikan dihargai 10 kebaikan serupa." (HR. Ibnu Majah dan dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Irwa'ul Gholil).

Tak hanya itu, berikut Duha Muslimwear telah merangkum 3 manfaat lainnya menjalankan puasa Syawal.

Manfaat puasa syawal

1. Manfaat puasa Syawal : Pahala setahun berpuasa

Bagi umat Islam yang menjalankan puasa Syawal selama 6 hari setara dengan setahun berpuasa. 

"Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka baginya (pahala) puasa selama setahun penuh." (HR. Muslim no. 204).

2. Manfaat puasa Syawal: Mendekatkan diri kepada Allah SWT

Manfaat puasa Syawal selanjutnya dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT. 

"Setiap amal manusia adalah untuk dirinya kecuali puasa, ia (puasa) adalah untuk-Ku dan Aku memberi ganjaran dengan (amalan puasa itu). Kemudian, Rasulullah melanjutkan, "Demi Allah yang jiwa Muhammad berada di tangan-Nya, bau mulut orang yang berpuasa itu lebih harum di sisi Allah dibandingkan wangi minyak kasturi." (HR. Muslim)

3. Manfaat puasa Syawal: Mencegah gangguan pencernaan

Manfaat lainnya mencegah gangguan pencernaan, setelah 30 hari penuh berpuasa saat kita kembali normal mengkonsumsi makanan 3x sehari biasanya pencernaan akan mengalami gangguan pencernaan. 

Namun, dengan kamu menjalankan puasa Syawal bisa dapat membantu mengontrol serta mengendalikan masa transisi setelah menjalan puasa 30 hari penuh.