Skip to content

Cart

Your cart is empty

Article: 8 Tips Kuat Puasa Seharian yang Anti Malas-Malasan!

8 Tips Kuat Puasa Seharian yang Anti Malas-Malasan!
Ramadhan

8 Tips Kuat Puasa Seharian yang Anti Malas-Malasan!

Memasuki bulan Ramadhan, umat Muslim tentunya harus melakukan kewajiban puasa. 

Teman-teman sudah tahu belum tips jitu kuat puasa seharian? Puasa sambil kerja seharian sudah bukan jadi masalah lagi!

Duha Muslimwear mau berbagi 8 tips kuat puasa yang anti malas-malasan dan gak cuma tidur saja. Yuk simak sampai habis dan siapkan diri untuk Ramadhan 2023 ini!

1. Pilih Menu Sahur Penuh Karbohidrat

Ternyata makan oatmeal, nasi merah atau roti gandum atau makanan lainnya yang kaya akan serat bisa membuat badan kita merasa kenyang lebih lama. 

Pilihan menu itu tentunya bisa membuat badan kita tetap berenergi dan anti lemas!

Buah-buahan yang kaya serat seperti alpukat dan apel juga bisa jadi salah satu makanan pelengkap pada menu sahurmu.

Ramadhan 2023

https://id.pinterest.com/pin/3096293478822484/ 

2. Sahur & Buka Puasa dengan Cukup Air Putih

Menahan lapar dan haus saat berpuasa tentu membuat tubuh kita kekurangan cairan dibandingkan dengan hari-hari biasanya. Minum air putih dengan jumlah yang cukup saat sahur dan berbuka puasa membantu tubuh kembali segar dengan cadangan cairan yang cukup digunakan seharian.

3. Pilih Menu Sahur & Buka Puasa yang Penuh Protein

Tidak hanya makanan yang kaya akan serat, menu yang penuh protein juga bisa menjadi salah satu cara untuk meyimpan cadangan energi dalam tubuh. Protein yang cukup bisa memberikan energi yang konstan. 

Pastikan ada menu kaya protein seperti telur ayam, tahu, tempe, daging sapi atau kacang-kacangan di meja makan teman-teman nanti, ya!

4. Minum Susu Saat Sahur

Susu yang memiliki banyak kandungan gizi tidak hanya membuat badan kita lebih kuat berpuasa. Kandungan kalsium tinggi di dalam susu juga menyehatkan badan. Bahkan mengkonsumsi susu dengan jumlah yang tepat juga menjaga kesehatan tulang!

5. Hindari Menu Makanan Asin

Ternyata makan makanan yang berasa asin, pun yang ditambahkan banyak garam di dalamnya, akan memberikan dampak haus lebih cepat untuk tenggorokan kita. 

Hindari menu makanan dengan tambahan garam saat proses pembuatannya, seperti ikan asin dan junkfood. 

Tips Kuat Puasa

 https://id.pinterest.com/pin/1022950502835157522/ 

6. Tetap Berolahraga

Olahraga rutin saat berpuasa dipercaya bisa membuat badan kita lebih bugar dan tidak cepat lelah. Pilih jenis olahraga santai seperti berjalan kaki atau workout ringan di dalam rumah. 

Teman-teman bisa pilih waktu pagi atau sore hari untuk berolahraga untuk menghindari kelelahan ekstrem karena terkena teriknya matahari siang. 

7. Hindari Kafein!

Coffee lovers, mana suaranya? Di saat bulan Ramadhan ini, lebih baik kurangi konsumsi kafein, ya! 

Kafein memberikan dampak cepat haus kepada tubuh hingga nantinya kita akan lebih cepat merasa lelah. Tidak hanya kopi, teh juga mengandung kafein yang baiknya dikurangi pengonsumsiannya saat bulan puasa ini. 

8. Tidur yang Cukup

Waktu sahur yang membuat kita bangun lebih awal dari biasanya membuat jam tidur kita berkurang dibandingkan sebelumnya. Teman-teman bisa tidur di jam lebih awal untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup supaya badan tetap bugar dan kuat. 

Jangan lupa ikutin 8 tips kuat puasa ini ya teman-teman! Selamat mencoba!