9 Doa Setelah Sholat Fardhu, Lafalkan Setiap Hari!

Sholat fardhu atau sholat wajib ini merupakan salah satu ibadah wajib setiap umat Islam yang harus diamalkan. Ustadz Arif Rahman dalam bukunya yang berjudul Panduan Sholat Wajib & Sunnah Sepanjang Masa Rasulullah SAW (2016:9) yang menjelaskan bahwa Sholat merupakan rukun Islam yang kedua, sehingga sholat menjadi salah satu ibadah yang wajib dikerjakan oleh orang Islam.

Pada rangkaian sholat fardhu terdapat beberapa bacaan doa, termasuk 9 doa setelah sholat fardhu yang sangat dianjurkan untuk diamalkan secara rutin sehabis mengerjakan sholat fardhu. Berikut ini adalah 9 doa setelah sholat fardhu:

 

1. Dzikir

Kamu bisa memulai dengan membaca dzikir yang terdiri dari Tasbih, Tahmid, Takbir setelah sholat. Kamu dapat membacanya masing-masing sebanyak 33 kali.

 

2. Memuji Allah

اَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ

Laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah. Lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai-in qodiir.

Artinya: Tidak ada Rabb (yang berhak disembah) kecuali Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan. Bagi-Nya pujaan. Dia-lah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu.” (HR. Muslim No. 597)

 

3. Doa Memohon Kebaikan

اللَّهمَّ إنِّي أسألُكَ عِلمًا نافعًا ورزقًا طيِّبًا وعملًا متقبَّلًا

Alloohumma inni as-aluka ‘ilman naafi’an, wa rizqon thoyyiban, wa ‘amalan mutaqobbalan

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik dan amalan yang diterima” (HR. Ibnu Majah)

 

4. Doa Pujian Kepada Allah SWT

اَللَّهُمَّأَنْتَالسَّلاَمُ،وَمِنْكَالسَّلاَمُ،تَبَارَكْتَيَاذَاالْجَلاَلِوَاْلإِكْرَامِ

Allahumma Antas Salaam Wa Minkas Salaam Tabaarokta Yaa Dzal Jalaali Wal Ikrom.

Artinya: Ya Allah, Engkau pemberi keselamatan, dan dari-Mu keselamatan, Maha Suci Engkau, wahai Tuhan Yang Pemilik Keagungan dan Kemuliaan. (HR. Muslim No. 591)

 

5. Doa Kebaikan dan Keselamatan Dunia dan Akhirat

رَبَّنَا أَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbanaa Aatinaa Fiddunyaa Hasanatan Wafil Aakhirati Hasanatan Waqinaa Adzaabannaar

Artinya: Ya Tuhan Kami, limpahkanlah kepada Kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat serta jauhkanlah Kami dari siksa neraka.” (QS. Al Baqarah: 201)

 

6. Doa untuk Kedua Orang Tua

رَبَّنَا اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِينَ يَوْمَ يَقُومُ الْحِسَابُ

Robbanaghfirli waliwalidayya walil muminina yauma yaqumul hisab

Artinya: “Wahai Pemelihara kami, ampunilah untukku dan untuk kedua orang tuaku, serta untuk orang-orang beriman di hari terjadinya hisab.” (QS. Ibrahim: 41)

 

7. Sholawat Nabi

للَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ مُحَمَّدٍ وَعَلىَ آلِ مُحَمَّدٍ كَماَ صَلَّيْتَ عَلىَ إِبْرَاهِيْمَ وَعَلىَ آلِ إِبْرَاهِيْمَ إِنـَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ اَللَّهُمَّ باَرِكْ عَلىَ مُحَمَّدٍ وَعَلىَ آلِ مُحَمَّدٍ كَماَ باَرَكْتَ عَلىَ إِبْرَاهِيْمَ وَعَلىَ آلِ إِبْرَاهِيْمَ إِنـَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ

Allohumma solli ‘alaa muhammad, wa ‘alaa aali muhammad, kamaa sollaita ‘alaa aali ibroohim, wa baarik ‘alaa muhammad, wa ‘alaa aali muhammad, kamaa baarokta ‘alaa aali ibroohim, fil ‘aalamiina innaka hamiidummajiid.

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan keselamatan untuk Nabi Muhammad. Dan juga limpahkanlah rahmat dan keselamatan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan rahmat dan keselamatan kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim. Limpahkanlah keberkahan kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah melimpahkan keberkahan kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim. Di seluruh alam semesta, sesungguhnya Engkau adalah Maha Terpuji lagi Maha Agung.” (HR. Muslim)

 

8. Doa Memohon Ampunan

رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا اِنَّكَ اَنْتَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ وَتُبْ عَلَيْنَا اِنَّكَ اَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ

Rabbanaa taqabbal minnaa innaka antassamii’ul ‘aliim, wa tub ‘alainaa innaka antatawwabur rahiim.

Artinya: “Wahai Tuhan kami, perkenankanlah (permohonan) dari kami, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar Lagi Maha Mengetahui. Dan terimalah taubat kami, sesungguhnya Engkau Maha Menerima Taubat lagi Maha Penyayang.” (QS. Al Baqarah: 127-128)

 

9. Doa Pujian Kepada Allah

لا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وحْدَهُ لا شَرِيكَ له، اللَّهُمَّ لا مَانِعَ لِما أعْطَيْتَ، ولَا مُعْطِيَ لِما مَنَعْتَ، ولَا يَنْفَعُ ذَا الجَدِّ مِنْكَ الجَدُّ

Laa ilaha illalah wahdahu laa syarika lah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli sya’in qodir, Allahumma laa mani’a lima a’thoita wa laa mu’thiya lima mana’ta, wa laa yanfa’u dzal jaddi minkal jaddu

Artinya: “Tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah semata, yang tidak ada sekutu bagi-Nya. Hanya milik-Nya kerajaan (semesta ini) dan segala puji hanya bagi-Nya, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Ya Allah, tidak ada yang dapat menghalangi apa yang Engkau berikan dan tidak ada yang dapat memberi apa yang Engkau halangi, dan kekayaan (Serta kedudukan) seseorang tidak berguna untuk menghindari hukuman (azab) dari-Mu” (HR. Bukhari dan Muslim).

DISKON UP TO 50% OFF

Lihat koleksi sekarang