Skip to content

Cart

Your cart is empty

Article: Bacaan Doa Qunut Saat Sholat Subuh: Arab, Latin, dan Terjemahan

Bacaan Doa Qunut Saat Sholat Subuh: Arab, Latin, dan Terjemahan

Bacaan Doa Qunut Saat Sholat Subuh: Arab, Latin, dan Terjemahan

Doa qunut subuh adalah bacaan pelengkap dalam salat subuh yang dipercaya sebagai doa untuk memohon berkah, ampunan, dan perlindungan kepada Allah SWT. Biasanya dibaca sesudah i’tidal pada rakaat terakhir atau kedua salat subuh. 

Meskipun ada perbedaan pendapat ulama terkait hukum membacanya, sebagian besar umat Muslim di Indonesia masih melaksanakannya. Rasulullah SAW pernah melakukan doa qunut pada saat salat subuh selama sebulan, namun kemudian dihapus (mansukh) dengan ijma’. 

Ada juga perbedaan pandangan ulama terkait keutamaan doa qunut subuh, di mana pengikut Imam Malik menganggapnya sunnah tetapi disyaratkan untuk dilakukan pelan-pelan saja, sedangkan pengikut Syafa’iyyah menyatakan hukumnya adalah sunnah ab’ad dan dilakukan pada rakaat kedua di salat subuh.

Berikut ini bacaan doa qunut salat subuh dalam tulisan Arab, latin, dan artinya:

اَللّهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَقِنِيْ شَرَّمَا قَضَيْتَ فَاِ نَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

"Allaahummahdinii fii man hadaiit, wa aafinii fii man aafaiit, wa tawallanii fi man tawallaiit, wa baarik lii fiimaa a’thaiit. Wa qinii syarra maa qadhaiit. Fa innaka taqdhii wa laa yuqdhaa ‘alaiik. Innahu laa yadzillu maw waalaiit.

Wa laa ya’izzu man ‘aadaiit. Tabaarakta rabbanaa wa ta’aalait. Fa lakal-hamdu ‘alaa maa qadhaiit, Astaghfiruka wa atuubu ilaik wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin nabiyyil ummuyyi wa ‘alaa aalihii wa shahbihii wa sallam."

Artinya: "Ya Allah, berilah aku petunjuk seperti orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah aku kesehatan seperti orang yang telah Engkau beri kesehatan. Pimpinlah aku bersama-sama orang-orang yang telah Engkau pimpin. Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau pimpin.

Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau berikan kepadaku. Dan peliharalah aku dari kejahatan yang Engkau pastikan. Karena sesungguhnya Engkaulah yang menentukan dan tidak ada yang menghukum (menentukan) atas Engkau. Sesungguhnya tidaklah akan hina orang-orang yang telah Engkau beri kekuasaan.

Dan tidaklah akan mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Berkahlah Engkau dan Maha Luhurlah Engkau. Segala puji bagi-Mu atas yang telah Engkau pastikan. Aku mohon ampun dan tobat kepada Engkau. Semoga Allah memberi rahmat dan salam atas junjungan kami Nabi Muhammad saw. beserta seluruh keluarganya dan sahabatnya."