Skip to content

Cart

Your cart is empty

Article: Ingin Menjenguk Orang Sakit? Jangan Lupa Doa Ini!

Ingin Menjenguk Orang Sakit? Jangan Lupa Doa Ini!

Ingin Menjenguk Orang Sakit? Jangan Lupa Doa Ini!

Salah satu bentuk kepedulian yang diajarkan oleh Islam adalah anjuran untuk menjenguk sahabat, kerabat, ataupun tetangga yang sedang sakit. Anjuran menjenguk ini diberikan bukan tanpa alasan, melainkan karena Allah memang menyukainya. 

Kegiatan menjenguk ini sendiri bisa mengingatkan kita pada-Nya, serta bersyukur atas nikmat sehat yang tengah kita rasa. Selain itu, kita juga dapat memperkuat tali silaturahmi dengan orang-orang di sekitar kita, sehingga hubungan kita menjadi lebih dekat dan erat.

Ada beberapa doa menjenguk orang sakit yang bisa dipanjatkan supaya cepat sembuh:

1. Bukhari dan Muslim dari Aisyah RA, berikut ini doa menjenguk orang sakit yang pernah dibaca Rasulullah

“Allāhumma rabban nāsi, adzhibil ba'sa. Isyfi. Antas syāfi. Lā syāfiya illā anta syifā'an lā yughādiru saqaman”

Artinya: "Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri,"

2. Dikutip dalam buku berjudul "Doa-doa Terbaik Sepanjang Masa: Rangkaian dan khasiat doa sehari-hari dari al-Qur'an dan Hadist" oleh Ust. Ahmad Zacky El-Syafa: 

"Allahumma isyfi sa'dan, allahumma isyfi sa'dan, allahumma isyfi sa'dan"

Artinya: Ya Allah.. sembuhkanlah ia dalam keadaan bahagia, ya Allah sembuhkanlah ia dalam keadaan bahagia, ya Allah sembuhkanlah ia dalam keadaan bahagia." (HR. Muslim)

Ada juga doa menjenguk orang sakit keras agar cepat sembuh:

"As-Alullaaha rabbal'arsyil'adziimi an-yasyfiyaka (7x)"

Artinya: "Aku memohon kepada Allah Tuhan Yang Maha Agung Penguasa 'Arasy agar berkenan menyembuhkanmu (7x)." (HR. Abu Dawud dan Tirmizi).

Untuk doa yang lebih lengkap, bisa didahului dengan membaca beberapa surah pendek yang terdiri atas surah Al-Faatihah, surah Al-Ikhlash, surah Al-Falaaq dan surah An Naas, barulah kemudian membaca doa yang ada di atas.