Bacaan Doa Sebelum Wudhu

Setiap umat Islam harus menyucikan diri saat hendak beribadah. Menyucikan diri terdiri dari dua macam, dengan mandi untuk membersihkan hadas besar dan wudhu untuk membersihkan hadas kecil. Hadis Rasulullah SAW menyebutkan bahwa tidak diterima shalat seorang umat Islam sampai ia bersih dari hadas. Hadis tersebut berbunyi sebagai berikut.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ – رضي الله عنه – قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم -:لا يَقْبَلُ اللَّهُ صَلاةَ أَحَدِكُمْ إذَا أَحْدَثَ حَتَّى يَتَوَضَّأَ

أَحدثَ: حصل منه الحدثُ، وهو الخارجُ منْ أَحدِ السبيلينِ أَوغيرهِ منْ نواقض الوُضوءِ

Artinya: "Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallambersabda, 'Allah tidaklah menerima shalat salah seorang di antara kalian ketika ia berhadas sampai ia berwudu.' Ahdatsaberarti muncul hadas yaitu sesuatu yang keluar dari salah satu dari dua jalan atau pembatal wudu lainnya." (HR. Bukhari, no. 6954 dan Muslim, no. 225)

Sebelum melaksanakan wudhu, sangat dianjurkan untuk membaca doa. Selain niat, terdapat satu doa yang perlu kita lafalkan terlebih dulu, yaitu dengan membaca kalimat syahadat

أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ

"Asyhadu an laa ilaaha illallaahu, wa asyhaduanna muhammadar rasuulullah."

Artinya: "Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan melainkan Allah. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah."

Setelah membaca doa sebelum wudhu, kamu bisa melanjutkan dengan bacaan niat wudhu dan doa setelah wudhu.

DISKON UP TO 50% OFF

Lihat koleksi sekarang