Skip to content

Cart

Your cart is empty

Article: Cara Mencuci Kopiah Hitam yang Mudah dan Bersih

Cara Mencuci Kopiah Hitam yang Mudah dan Bersih
Lifestyle

Cara Mencuci Kopiah Hitam yang Mudah dan Bersih

Kopiah atau biasa dikenal dengan nama peci merupakan salah satu perlengkapan ibadah yang biasa dikenakan oleh umat Islam laki-laki. Walau telah memiliki banyak varian, kopiah hitam tetap menjadi favorit.

Sebagai pakaian ibadah yang dikenakan di kepala, kamu harus menjaga kebersihan kopiah sebab kebersihan adalah sebagian dari iman. Walau berwarna hitam dan sulit terlihat kekotorannya, kopiah akan sangat rentan terkena keringat dan debu karena bahan kopiah yang langsung mengenai kulit. Salah satu akibat mengenakan kopiah yang kotor ialah timbulnya bau apek yang dapat mengganggu kekhusyukan ibadah.

Kini saatnya kamu menjaga kebersihan kopiah hitam yang bisa dimulai dari mencucinya. Nggak sulit, berikut tips cara mencuci kopiah hitam yang baik dan benar.

1. Sebelum mencuci kopiah hitam, ketahui dulu bahan kain yang digunakan, misalnya kopiah hitam berbahan beludru sangat disarankan untuk dicuci menggunakan tangan dan direndam dalam air yang sudah dicampur dengan deterjen.

2. Diamkan beberapa saat kopiah hitam sampai kotorannya keluar dan air rendaman berubah warna menjadi keruh, jika kopiah hitam terkena kotoran kamu bisa menyikapinya secara lembut dengan sikat gigi bekas lalu bilas kopiah hitam berbahan sampai bersih.

3. Jika memiliki kopiah hitam berbahan kain biasa, kamu bisa mencucinya dengan mesin cuci ataupun secara manual.

4. Jangan terlalu menyikat kopiah hitam dengan kasar dan jangan terlalu keras meremasnya.

5.Setelah dicuci dapat menjemurnya di bawah terik matahari selama kurang lebih 10 – 12 menit. Hal itu bertujuan supaya kopiah hitam yang terkena keringat dan sisa-sisa debu dapat menghilang dan kering tanpa merusak bagian kokoh pada kopiah.