Skip to content

Cart

Your cart is empty

Article: Dianggap Remeh, 5 Kegiatan Ini Bisa Mengurangi Pahala Puasa

Dianggap Remeh, 5 Kegiatan Ini Bisa Mengurangi Pahala Puasa
Ramadhan

Dianggap Remeh, 5 Kegiatan Ini Bisa Mengurangi Pahala Puasa

Bulan ramadan adalah momen yang tepat untuk berlomba-lomba menambah kebaikan dan menahan hawa nafsu. Segala amal yang dilakukan mendapat pahala yang berlipat. Sering dilupakan, namun terdapat beberapa kegiatan yang dianggap sepele namun sebenarnya bisa mengurangi pahala puasa lho. Simak selengkapnya di bawah ini.

 

1. Berbohong

Berbohong merupakan sifat yang tidak baik sehingga bisa mengurangi pahala. Walau kamu menganggap hal tersebut merupakan kebohongan kecil, tetap saja hal tersebut sudah dianggap dusta sehingga bisa mengurangi amalan.

 

2. Gossip

Nggak bisa dipungkiri jika bagi sebagian orang, bergosip atau membicarakan orang lain sudah sering dilakukan bahkan di bawah alam bawah sadar. Namun hal ini bisa mengurangi pahala saat berpuasa sehingga sebaiknya kamu mencari kesibukan lain untuk meminimalisir terjadinya bergosip.

 

3. Berbicara kasar dan kotor

Meski tidak membatalkan puasa, berbicara kasar atau kotor bisa mengurangi pahala puasamu. Setiap umat muslim diajarkan untuk berkata lembut dan tidak mengucap kata kasar meski tengah merasakan marah. Jadi sebaiknya tahan emosi dan mengucap istighfar dibanding berkata kasar dan kotor.

 

4. Bertengkar 

Bertengkar menjadi kegiatan sepele namun bisa memengaruhi pahala berpuasa. Jika ada orang yang menyebalkan, memaafkan bisa menjadi jalan yang tepat untuk dilakukan. Memaafkan orang lain itu sangat mulia daripada bertengkar yang akhirnya menghabiskan energimu lho. 

 

5. Iri 

Memiliki penyakit hati seperti iri dan dengki bukan tindakan yang terpuji. Menjaga hati dari segala macam penyakit memang sudah dianjurkan kepada setiap umat muslim sehingga hal tersebut harus kamu terapkan saat atau bahkan tidak berpuasa sekalipun.