Skip to content

Cart

Your cart is empty

Article: Doa Buka Puasa Daud

Doa Buka Puasa Daud

Doa Buka Puasa Daud

Puasa Daud adalah salah satu puasa sunnah yang memiliki banyak manfaat. Biasanya puasa daud dilakukan dengan cara selang hari. Puasa ini juga dianggap Rasulullah SAW sebagai puasa yang paling disukai oleh Allah SWT yang tertulis dalam hadist Bukhari. Nabi Muhammad SAW bersabda, "Sesungguhnya puasa yang paling disukai oleh Allah SWT ialah puasa Nabi Daud As. Sembahyang yang paling disukai oleh Allah ialah sembahyang Nabi Daud As. Dia tidur sampai tengah malam, kemudian melakukan ibadah pada sepertiganya dan sisanya lagi dia gunakan untuk tidur, kembali Nabi Daud berpuasa sehari dan tidak berpuasa sehari."

 

Doa Buka Puasa Daud Latin dan Artinya

Lafadz dalam bahasa Arab, latin, dan juga artinya adalah sebagai berikut:

ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ، وَثَبَتَ الأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللهُ

Dzahabaz zhama'u wabtallatil 'uruqu wa tsabatal ajru, insyaallah.

Artinya: "Telah hilang rasa haus, dan urat-urat telah basah serta pahala telah tetap, insya Allah."

Doa Berbuka Puasa secara Ramai-ramai

Jika melakukan buka puasa secara ramai-ramai dan mengucapkan doa dengan bersamaan, maka boleh menggunakan doa buka puasa sebagai berikut:

Allahumma Lakasumna Wabika Aamanna Wa’alaa Rizqika Afthorna Birohmatika Yaa Arhamar Roohimiin

Artinya: "Ya Allah karena engkau kami berpuasa, Dengan Mu kami beriman, kepada Mu kami berserah dan dengan rezeki Mu kami berbuka (puasa) dengan Rahmat Mu, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih."

Arti dari doa di atas merujuk pada banyak orang, ini bisa menjadi salah satu solusi apabila seorang muslim sedang melatih anak kecil berpuasa sementara dia belum menghafal doa berbuka. Doa ini juga cocok dibaca jika sedang buka bersama teman-teman atau keluarga sehingga suasana berbuka lebih terasa hangat dan menyenangkan.