Skip to content

Cart

Your cart is empty

Article: Doa Ketika Hujan Lebat dan Angin Kencang, Yuk Diamalkan!

Doa Ketika Hujan Lebat dan Angin Kencang, Yuk Diamalkan!

Doa Ketika Hujan Lebat dan Angin Kencang, Yuk Diamalkan!

Cemas terhadap hujan deras dan angin kencang? Kamu bisa lafalkan doa untuk meredakan rasa takutmu terhadap hujan angin.

Ketika hujan turun, ini adalah salah satu saat yang paling cocok untuk memanjatkan doa yang akan dikabulkan. Sebagaimana disampaikan oleh Rasulullah SAW dalam haditsnya:

"Ada dua waktu di mana doa tidak akan ditolak: saat adzan berkumandang dan saat hujan turun." (HR Al Hakim).

Rasulullah SAW juga mengajarkan beberapa doa khusus saat hujan, baik itu hujan lebat maupun hujan yang disertai angin kencang. Hal ini dicontohkan dalam buku Fikih Sunnah karya Sayyid Sabiq. Berikut ini adalah bacaan doa-doanya.

Sumber: Pexels.com

Doa saat Hujan Lebat dan Angin Kencang Menurut Hadits

Doa saat Hujan Lebat

"Allahumma hawwalaina wa la 'alaina. Allahumma 'alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari."

Artinya: "Ya Allah, limpahkanlah hujan di sekitar kami, bukan di atas kami. Ya Allah, limpahkanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, lembah-lembah, tempat-tempat tumbuhnya pepohonan." (HR Bukhari).

Sumber: Pexels.com

Doa saat Angin Kencang

"Allâhumma innî as'aluka khairahâ wa khairamâ fîhâ wa khairamâ ursilat bih, wa a'ûdzubika min syarrihâ wa syarrimâ fîhâ wa syarrimâ ursilat bih. Allâhummaj'alhâ rahmatan wa lâ taj'alhâ 'adzâban. Allâhummaj'alhâ riyâhan wa lâ taj'alhâ dharûratan."

Artinya: "Ya Allah, aku memohon kebaikan angin ini, kebaikan apa yang ada di dalamnya, dan kebaikan apa yang diutus dengannya. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan angin ini, kejahatan apa yang ada di dalamnya, dan kejahatan apa yang diutus dengannya. 

Ya Allah, jadikanlah angin ini sebagai rahmat dan janganlah jadikan sebagai siksa. Ya Allah, jadikanlah angin ini sebagai manfaat dan janganlah jadikan sebagai bahaya." (HR Muslim).

Ada juga doa lain yang dapat dibaca oleh umat Islam saat turun hujan. Dalam suatu laporan, istri Rasulullah SAW, Aisyah RA, juga mendengar Nabi membaca doa hujan dengan harapan hujan tersebut membawa manfaat. 

Berikut bacaan doanya, "Allahumma shoyyiban nafi'an."

Artinya: "Ya Allah, limpahkanlah kepada kami hujan yang bermanfaat."

Doa ini kemudian banyak digunakan oleh sebagian besar umat Muslim sebagai doa saat hujan dalam kehidupan sehari-hari.