Skip to content

Cart

Your cart is empty

Article: Doa Masuk Kamar Mandi Beserta Artinya

Doa Masuk Kamar Mandi Beserta Artinya

Doa Masuk Kamar Mandi Beserta Artinya

Kamar mandi merupakan tempat membersihkan diri dari keringat, kuman, dan bakteri yang melekat di tubuh setelah beraktivitas seharian. Berdasarkan hal tersebut membuat kamar mandi dikategorikan sebagai tempat kotor yang membuat jin dan setan senang bermukin di sana.

Bagi orang-orang muslim, setiap kegiatan memiliki doa masing-masing. Hal tersebut juga berlaku untuk kegiatan sehari-hari seperti masuk kamar mandi. Membaca doa saat masuk kamar mandi harus dikenali dan diamalkan oleh seorang muslim setiap harinya. 

Kamar mandi atau toilet merupakan salah satu tempat yang sangat disukai oleh jin dan syaitan. Supaya terhindar dari hal-hal buruk selama berada di kamar mandi. sudah sepantasnya saat hendak buang air kamu melafalkan doa masuk kamar mandi agar senantiasa dilindungi oleh Allah SWT.

 

Bacaan doa masuk kamar mandi dan artinya

pinterest.com

Jin dan setan senang bermukim di tempat-tempat yang kotor, salah satu tempatnya ialah kamar mandi. Rasulullah SAW memberikan anjuran untuk membacakan zikir sebelum masuk ke kamar mandi untuk terhindari dari godaan syaitan.

Saat masuk ke kamar mandi hendaknya mendahulukan kaki sebelah kiri. Rasulullah SAW juga sunnahkan membaca doa terlebih dahulu sebagaimana yang dipraktikkan. Doa ketika akan masuk ke kamar mandi beserta artinya, adalah sebagai berikut:

Sesuai dengan hadis riwayat Bukhari no. 142 dan Muslim no. 375, berikut bacaan doa masuk kamar mandi beserta artinya.

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِث

“Bismillahirrahmanirrahim, Allahumma inni ‘audzu bika minal khubutsi wal khobaits.”

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari setan-setan lelaki dan setan-setan perempuan.”

 

pinterest.com

Terdapat etika yang dianjurkan saat sedang berada kamar mandi. Seseorang yang sedang berada di kamar mandi apalagi sedang melaksanakn buang air adalah tidak diperkenankannya untuk bicara dan mengucapkan kalimat-kalimat dzikir. Hal tersebut adalah sesuatu yang dimakruhkan, kecuali dalam keadaan darurat.