Doa Menghilangkan Jerawat dalam Islam

Salah satu permasalahan kulit yang mengganggu penampilan adalah jerawat. Jerawat adalah gangguan pada kulit yang berhubungan dengan produksi minyak berlebih dan menyumbat pori-pori. Penyumbatan tersebut menyebabkan peradangan yang ditandai dengan adanya benjolan kecil pada kulit.

Jerawat biasanya muncul pada bagian wajah, sehingga seringkali seseorang yang memiliki jerawat di wajahnya merasa kurang percaya diri. Biasanya jerawat akan sembuh dengan sendirinya, tetapi terdapat berbagai upaya yang dapat dilakukan agar jerawat cepat sembuh atau bahkan mencegah munculnya jerawat. 

Kemunculan jerawat dapat dipicu beberapa kondisi seperti stres, pola hidup yang tidak sehat, perubahan hormon saat masa menstruasi, faktor genetik atau keturunan. Jika kondisi tersebut terjadi dapat memunculkan jerawat, gejala munculnya jerawat ditandai dengan benjolan berwarna kemerahan atau kuning, sensasi panas atau terbakar akibat peradangan hingga timbul rasa gatal pada benjolan tersebut.

Selain melakukan berbagai ikhtiar, salah satu cara untuk meminta bantuan dengan memohon doa kepada Allah SWT. Allah telah berfirman dalam Al Quran Surat Al-Mu’min ayat 60:

“Waqoo la robbukumud uwnii astajib lakum, innalladzii na yastakbiruuna an ibaadatii sayadkhuluu na jahannama daakhiriin”

Artinya: Dan Tuhanmu berfirman, "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina."

Berikut adalah bacaan doa yang dapat dibaca sebagai salah satu bentuk ikhtiar kepada Allah SWT supaya diberikan kesembuhan dan dihilangkan jerawat dari wajah. Doa ini dikutip dari buku Buku Pintar Doa dan Zikir Rasulullah, Abdullah Zaedan (2008: 142).

1.   “Allahumma mutfi’al-kabiiri wa mukabbiris-saghiiri atfi’ahaa ‘annii”

Artinya: “Ya Allah, Yang memadamkan yang besar dan Yang membesarkan yang kecil, padamkanlah penyakit ini dariku.”

 

Terdapat doa lain yang bisa kamu baca sebagai berikut: 

2. “Allahumma mushogharal kabiiri wa mukabarash shaghiri soghor mabii.”

Artinya: Ya Allah yang mengecilkan yang besar dan yang membesarkan yang kecil, kecilkanlah apa yang menimpaku ini.



DISKON UP TO 50% OFF

Lihat koleksi sekarang