Skip to content

Cart

Your cart is empty

Article: Doa Nabi Musa untuk Keselamatan Dunia Akhirat

Doa Nabi Musa untuk Keselamatan Dunia Akhirat

Doa Nabi Musa untuk Keselamatan Dunia Akhirat

Nabi Musa memiliki cerita hidup yang menarik lantaran harus berdakwah dan berhadapan langsung dengan Raja Firaun yang terkenal sangat keji serta melewati banyak rintangan dalam perjalanannya mendapatkan wahyu.

Namun di balik kisah hidupnya yang penuh dengan rintangan dan cobaan, Nabi Musa memilih untuk menghadapinya dengan cara berdoa kepada Allah SWT. Doa-doa Nabi Musa tersebut hingga kini masih sering diamalkan oleh para umat muslim untuk mendapatkan keselamatan dunia dan akhirat. Doa ini mempermudah urusan hingga diberikan petunjuk di setiap masalah 

 

1.  Doa minta dimudahkan urusan dan ucapan

freepik.com

Nabi Musa sendiri mengucapkan doa ini setelah ia diminta untuk memakan bara api oleh Firaun. Saat itu Nabi Musa khawatir tidak bisa berdakwah dengan baik lantaran ia menjadi cadel setelah menelan bara api tersebut. Namun, berkat kuasa Allah dan juga melalui permohonan Nabi Musa lewat doa ini, Allah memberikan kemudahan bagi Nabi Musa untuk tetap bisa berdakwah dengan mengutus Nabi Harun untuk membantunya berdakwah menyampaikan ajaran tauhid.

Doa ini bisa kamu amalkan setelah salat wajib atau salat sunah. Selain itu doa ini bisa kamu panjatkan saat sedang berhadapan dengan masalah.

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

''Robbis rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii''.

Artinya:

"Ya rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku." (QS. Thoha: 25-28)

 

2. Memohon ampunan

freepik.com

Doa ini sendiri dipanjatkan oleh Nabi Musa ketika ia secara tidak sengaja membunuh. Saat itu Nabi Musa bertemu dengan dua orang yang sedang bertengkar, yaitu orang dari kaum Bani Israil dan satunya dari kaum bangsa Fir’aun. Lelaki dari kaum Bani Israil tersebut lalu meminta bantuan kepada nabi Musa untuk membantunya. Nabi Musa kemudian meninju lelaki kaum Fir’aun dan membuatnya meninggal. Setelah kejadian tersebut Nabi Musa penuh dengan rasa penyesalan dan tak henti-henti memohon ampunan dari Allah SWT.

Doa ini merupakan salah satu doa memohon ampunan. Sebagai manusia yang tak pernah lepas dari kesalahan, doa ini sangat tepat untuk diamalkan sebagai penghapus dosa-dosa. 

 

رَبِّ إِنِّي ظَلَمْتُ نَفْسِي فَاغْفِرْ لِي فَغَفَرَ لَهُ ۚ إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ

"Robbi innii zholamatu nafsii faghfir lii fa ghofaro lah, innahuu huwal-ghofuurur-rohiim"

Artinya:

"Ya Tuhanku sesungguhnya aku telah menganiaya diriku sendiri karena itu ampunilah aku. Maka Allah mengampuninya, sesungguhnya Allah Dialah Yang Maha Pengampun Lagi Maha Penyayang." (QS. Al-Qashash: 16)

 

3. Terhindar dari fitnah

freepik.com

Kamu juga bisa mengamalkan doa Nabi Musa untuk terhindar dari fitnah yang keji dan menghadapi segala ujian hidup. Sama seperti Nabi Musa yang mengamalkan doa ini untuk menjaga dirinya dari tipu daya kaum Firaun.

 

فَقَالُوا۟ عَلَى ٱللَّهِ تَوَكَّلْنَا رَبَّنَا لَا تَجْعَلْنَا فِتْنَةً لِّلْقَوْمِ ٱلظَّٰلِمِينَ وَنَجِّنَا بِرَحْمَتِكَ مِنَ ٱلْقَوْمِ ٱلْكَٰفِرِينَ

"Fa qooluu álallohi tawakkalnaa, robbanaa laa tajálnaa fitnatal lil-qoumizh-zhoolomiin. Wa najjinaa birohmatika minal-qoumil-kaafiriin."

Artinya:

"Kepada Allah lah kami bertawakal. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan kami sasaran fitnah bagi kaum zalim, dan selamatkanlah kami dengan rahmat Engkau dari (tipu daya) orang-orang yang kafir." (QS. Yunus: 85-66)

 

4. Memohon kebaikan

freepik.com

Doa yang satu ini bisa kamu amalkan ketika ingin mendapatkan kebaikan atau pertolongan dari Allah SWT. Nabi Musa mendapatkan manfaat dari doa ini saat ia sedang melakukan pelarian dan bertemu dengan dua orang penggembala wanita yang kesulitan memberi minum kepada ternaknya. Lalu, Nabi Musa memberikan bantuan kepada dua penggembala tersebut. Kebaikan Nabi Musa terbalaskan karena ayah dari dua orang penggembala tersebut mau menampung nabi Musa yang sedang dalam pelarian.

رَبِّ إِنِّي لِمَا أَنْزَلْتَ إِلَيَّ مِنْ خَيْرٍ فَقِيرٌ

"Robbi innuu limaaa angzalta ilayya min khoiring faqiir."

Artinya:

"Ya Tuhanku sesungguhnya aku sangat memerlukan sesuatu kebaikan yang Engkau turunkan kepadaku." (QS. Al-Qashash: 24)

 

5. Meminta petunjuk

freepik.com

Ketika tengah dihadapkan dengan pilihan yang sulit, doa ini bisa kamu amalkan supaya diberi pilihan yang diridhoi Allah SWT. Doa ini diucapkan Nabi Musa ketika dalam pelarian setelah peristiwa pembunuhan. Dirinya meminta kepada Allah SWT untuk diberikan petunjuk saat harus melanjutkan perjalanan. 

 

رَبِّ نَجِّنِي مِنَ الْقَوْمِ الظَّالِمِينَ

عَسَىٰ رَبِّي أَنْ يَهْدِيَنِي سَوَاءَ السَّبِيلِ

"Robbi najjinii minal-qoumizh-zhoolimin. Asaa robbiii ay yahdiyanii sawaaa as-sabiil."

Artinya:

"Ya Tuhanku, selamatkanlah aku dari orang-orang yang zalim itu. Mudah-mudahan Tuhanku memimpinku ke jalan yang benar." (QS. AL-Qasas: 21-22)