Skip to content

Cart

Your cart is empty

Article: Doa Nabi Sulaiman yang Bisa Dipanjatkan Setiap Hari

Doa Nabi Sulaiman yang Bisa Dipanjatkan Setiap Hari

Doa Nabi Sulaiman yang Bisa Dipanjatkan Setiap Hari

Nabi Sulaiman merupakan seorang nabi yang mendapat anugerah kekuasaan dan kekayaan berlimpah. Saking kayanya, Nabi Sulaiman memiliki istana megah berlapis emas dan permata serta anugerah untuk bisa berbicara dengan binatang dan jin di bumi. Hal ini membuat manusia hewan hingga jin juga tunduk kepada Nabi Sulaiman hingga membuat Nabi Sulaiman mendapat julukan “Raja Segala Makhluk”. 

Walau Nabi Sulaiman telah memiliki segala hal yang dibutuhkan yang berlimpah, Nabi Sulaiman tetap berdoa dan memohon kepada Allah SWT atas semua cobaan dan ujian yang telah diberikan. Hal ini bisa diimplementasikan umat muslim melalui doa-doa. Berikut doa Nabi Sulaiman yang bisa kamu amalkan.

 

1. Doa Nabi Sulaiman untuk mensyukuri nikmat Allah

Nabi Sulaiman tetap bersyukur atas segala nikmat yang Allah berikan kepadanya. Nabi Sulaiman menyadari bahwa semua kenikmatan yang dirasakannya berasal dari kasih sayang Allah kepadanya sehingga akan menjadi sombong bila manusia tidak bersyukur kepada Allah SWT atas semua nikmat dalam hidupnya. Berikut doa Nabi Sulaiman dalam mensyukuri nikmat Allah SWT:

وَلَقَدْ ءَاتَيْنَا دَاوُۥدَ وَسُلَيْمَٰنَ عِلْمًا ۖ وَقَالَا ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ ٱلَّذِى فَضَّلَنَا عَلَىٰ كَثِيرٍ مِّنْ عِبَادِهِ ٱلْمُؤْمِنِينَ

Wa laqad ātainā dāwụda wa sulaimāna 'ilmā, wa qālal-ḥamdu lillāhillażī faḍḍalanā 'alā kaṡīrim min 'ibādihil-mu`minīn

Artinya: Dan sesungguhnya Kami telah memberi ilmu kepada Daud dan Sulaiman; dan keduanya mengucapkan: "Segala puji bagi Allah yang melebihkan kami dari kebanyakan hamba-hambanya yang beriman”. (Qs. An Naml: 15)

 

2. Doa Nabi Sulaiman supaya diberi kekayaan dan kejayaan

Kekayaan Nabi Sulaiman tidak terlepas dari doanya kepada Allah SWT untuk diberikan karunia kekayaan yang berlimpah serta memohon kelancaran rezeki dari Allah SWT. Berikut doanya: 

قَالَ رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَهَبْ لِيْ مُلْكًا لَّا يَنْۢبَغِيْ لِاَحَدٍ مِّنْۢ بَعْدِيْۚ اِنَّكَ اَنْتَ الْوَهَّابُ

Qāla rabbigfir lī wa hab lī mulkal lā yambagī li`aḥadim mim ba'dī, innaka antal-wahhāb

Artinya: Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh seorang jua pun sesudahku, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi. (Qs. Shad: 35)

 

3. Doa Nabi Sulaiman untuk menjinakkan hewan dan jin

Nabi Sulaiman memiliki sejumlah keistimewaan yaitu dapat berbicara dengan hewan dan jin. Saat proses menjinakkan hewan dan jin, Nabi Sulaiman memohon kepada Allah SWT untuk diberikan jalan. Berikut adalah doa Nabi Sulaiman ketika hendak menjinakkan hewan dan jin.

إِنَّهُۥ مِن سُلَيْمَٰنَ وَإِنَّهُۥ بِسْمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحْمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ

Innahụ min sulaimāna wa innahụ bismillāhir-raḥmānir-raḥīm

Artinya: Sesungguhnya surat itu, dari SuIaiman dan sesungguhnya (isi)nya: "Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. (Qs. An Naml: 30 )

أَلَّا تَعْلُوا۟ عَلَىَّ وَأْتُونِى مُسْلِمِينَ

Allā ta'lụ 'alayya wa`tụnī muslimīn

Artinya: Bahwa janganlah kamu sekalian berlaku sombong terhadapku dan datanglah kepadaku sebagai orang-orang yang berserah diri. (Qs. An Naml: 31)