Skip to content

Cart

Your cart is empty

Article: Doa Puasa Senin Kamis Serta Niat Hingga Manfaatnya

Doa Puasa Senin Kamis Serta Niat Hingga Manfaatnya

Doa Puasa Senin Kamis Serta Niat Hingga Manfaatnya

Selain menjalankan amalan wajib seperti Sholat Fardu, Puasa selama 30 hari di bulan Ramadhan hingga menjauhkan larangan atau hal-hal bersifat maksiat, untuk menambah pahala umat Muslim bisa melakukan amalan yang bersifat Sunnah seperti Sholat-Sholat Sunnah yakni Duha, Tahajud, Hajat dan masih banyak lainnya. 

Doa Puasa Senin Kamis

Selain itu ada Puasa Senin Kamis yang juga bisa kalian jalankan pada 2 hari tersebut, kali ini Duha Muslimwear ingin membahas doa Puasa Senin Kamis serta niat hingga manfaatnya. Pertama, Rasulullah SAW bersabda:

"Berbagai amalan dihadapkan (pada Allah) pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang berpuasa." (HR Tirmidzi).

Sekarang saatnya membahas niat & doa Puasa Senin Kamis, sebelum menjalankan ibadah Puasa Senin Kamis yuk amalkan niat & doa di bawah ini.

Niat 

1. Niat puasa Sunnah hari Senin 

Nawaitu sauma yaumal itsnaini sunnatan lillahi ta'ala

Artinya: Saya niat puasa sunnah hari Senin, sunnah karena Allah Ta'ala

2. Niat puasa Sunnah hari Kamis 

Nawaitu sauma yaumal khomiisi sunnatan lillahi ta'ala

Artinya: Saya niat puasa sunnah hari Kamis, sunnah karena Allah Ta'ala.

Doa

1. Doa setelah buka puasa pertama

Allaahumma lakasumtu wabika aamantu wa'alaa rizqika afthortu birahmatika yaa arhamar-roohimiin 

Artinya: Ya Allah, untuk-Mu atau karena-Mu aku berpuasa, dengan-Mu aku beriman, dan atas rezeki-Mu aku berbuka, dengan rahmat-Mu, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih

2. Doa setelah buka puasa kedua 

Dzahabaz zhama'u wabtallatil 'uruqu wa tsabatal ajru, insyaallah

Artinya: Telah hilang rasa haus, telah basah urat-urat, dan telah pasti ganjaran, dengan kehendak Allah Ta'ala." (HR Abu Dawud, Daruquthni, Hakim, dan Nasa'i)

Manfaatnya

Puasa Senin Kamis memiliki banyak manfaatnya lho untuk dijalankan, mendapatkan pahala yang berlimpah dan tentunya menghapus dosa. Selain itu umat Muslim berhasil melewati godaan setan dengan menahan rasa haus, lapar serta perbuatan maksiat lainnya.