Skip to content

Cart

Your cart is empty

Article: Kumpulan Doa untuk Pengantin Baru Beserta Artinya

Kumpulan Doa untuk Pengantin Baru Beserta Artinya

Kumpulan Doa untuk Pengantin Baru Beserta Artinya

Selain ucapan pernikahan, doa untuk pengantin merupakan salah satu hal yang selayaknya kamu ucapkan untuk pasangan yang baru saja menikah. Saat memanjatkan doa bisa diartikan kamu turut berharap pada Allah SWT untuk kebahagian kedua mempelai di kehidupan rumah tangga.

Namun terdapat beberapa doa yang diyakini baik dipajatkan untuk para pengantin baru. Dari Abu Hurairah R.A., beliau berkata, "Adalah Nabi Muhammad S.A.W. bila memberi ucapan kegembiraan terhadap seseorang yang menikah, Rasulullah mendoakan:

 

بَارَكَ اللَّهُ لَكَ، وَبَارَكَ عَلَيْكَ، وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْرٍ

Artinya: Semoga Allah melimpahkan keberkahan kepadamu dan keberkahan atas pernikahanmu, serta mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan" (Diriwayatkan oleh Ahmad, Abu Dawud, At-Tirmidzy, An-Nasa`iy, dan Ibnu Majah).

 

Terdapat Doa lain yang bisa kamu panjatkan untuk pengantin baru. Pada doa ini, kamu dapat memohon rahmat serta keberkahan untuk mempelai berbahagia. 

 

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لَهُمْ، وَارْحَمْهُمْ، وَبَاِرِكْ لَهُمْ فِيْمَا رَزَقْتَهُمْ

Artinya : "Ya Allah, ampunilah mereka, sayangilah mereka dan berkahilah mereka pada apa-apa yang Engkau karuniakan kepada mereka." (HR. Ahmad)

 

Doa lainnya, dari hadis yang diriwayatkan Imam Muslim adalah:

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَهُمْ فِيْمَا رَزَقْتَهُمْ، وَاغْفِرْ لَهُمْ، وَارْحَمْهُمْ

Artinya : "Ya Allah, berkahilah apa-apa yang Engkau karuniakan kepada mereka, Ampunilah mereka dan sayangilah mereka." (HR. Muslim).

 

Ada pula doa lainnya dengan lafaz sebagai berikut,

اَللّٰهُمَّ أَطْعِمْ مَنْ أَطْعَمَنِيْ، وَاسْقِ مَنْ سَقَانِيْ

Artinya: "Ya Allah, berikanlah makan kepada orang yang memberi makan kepadaku, dan berikanlah minum kepada orang yang memberi minum kepadaku."

Terakhir, dapat dengan lafaz sebagai berikut.

أَفْطَرَ عِنْدَكُمُ الصَّائِمُوْنَ، وَأَكَلَ طَعَامَكُمُ اْلأَبْرَارُ، وَصَلَّتْ عَلَيْكُمُ الْمَلاَئِكَةُ

Artinya: "Telah berbuka di sisi kalian orang-orang yang berpuasa, dan telah menyantap makanan kalian orang-orang yang baik, dan para Malaikat telah mendoakan kalian."