Skip to content

Cart

Your cart is empty

Article: Doa untuk Mayit Perempuan

Doa untuk Mayit Perempuan

Doa untuk Mayit Perempuan

Kematian adalah salah satu takdir yang akan terjadi oleh setiap  umat manusia yang hidup di dunia. Walau menyisakan duka bagi orang-orang yang ditinggalkan, sebagai umat sesama muslim ada baiknya untuk mendoakan. Seorang Muslim yang telah meninggal sudah dipastikan akan dikubur secara Islam, mulai dari memandikannya hingga penguburannya. Salah satu prosesi yang tidak boleh dilewatkan ialah sholat jenazah. 

Berbeda dengan tata cara sholat pada umumnya, sholat jenazah merupakan ibadah yang secara khusus dilakukan untuk mendiang yang telah tiada. Tata cara sholat jenazah antara laki-laki dan perempuan juga berbeda. Pada artikel ini, akan membahas doa yang perlu dipanjatkan untuk mayit perempuan. 

Kamu bisa memulai dengan membaca doa niat sholat jenazah perempuan. Untuk mayit perempuan, niat sholatnya berbunyi:

أُصَلِّي عَلَى هَذَا الـمَيِّتَةِ فَرْضًا للهِ تَعَالَى

Usholli 'ala hadzal mayyiti fardholi ma'amuman lillahi ta'ala

Artinya: "Saya niat sholat atas mayat perempuan ini fardu karena Allah SWT"

Setelah membaca doa niat sholat jenazah, kamu bisa melanjutkan dengan melaksanakan sholat jenazah. Namun pada takbir ketiga, kamu perlu membaca doa jenazah yang dikhususkan untuk perempuan dengan doa sebagai berikut:

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهَا وَارْحَمْهَا وَعَافِهَا وَاعْفُ عَنْهَا وَأَكْرِمْ نُزُلَهَا وَوَسِّعْ مُدْخَلَهَا وَاغْسِلْهَا بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ وَنَقِّهَا مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ الأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ وَأَبْدِلْهَا دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهَا وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهَا وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهَا وَأَدْخِلْهَا الْجَنَّةَ وَأَعِذْهَا مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ أَوْ مِنْ عَذَابِ النَّارِ

Allohummaghfirlahaa warhamhaa wa'aafihaa wa'fu 'anhaa wa akrim nuzulahaa wawassi' mudkholahaa waghsilhaa bil maa-i wats tsalji wal barod. Wa naqqihaa minal khothooyaa kamaa naqqoitats tsaubal abyadho minad danas. Wa abdilhaa daaron khoiron min daarihaa wa ahlan khoiron min ahlihaa wa zaujan khoiron min zaujihaa wa adkhilhal jannata wa a'idzhaa min 'adzaabin qobri au min 'adzaabin naar.

Artinya: "Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah dia. Selamatkan dan maafkanlah dia. Berilah kehormatan terhadapnya, luaskanlah tempat kuburnya. Mandikanlah dia (mayat) dengan air, salju, dan embun. Bersihkanlah dia dari segala kesalahan sebagaimana Engkau membersihkan baju putih dari kotoran. Gantikanlah untuknya rumah yang lebih baik dari rumahnya, juga istri yang lebih baik dari istrinya. Dan peliharalah (lindungilah) ia dari azab kubur dan neraka."


Setelah mendoakan, pada takbir keempat bacakan doa berikut ini:

اللهُمّ لاتَحرِمْنا أَجْرَها ولاتَفْتِنّا بَعدَها

Allahumma la tahrimna uhroha waltaftina bakdahu

Artinya: "Ya Allah, janganlah jadikan pahalanya tidak sampai kepada kami (janganlah Engkau meluputkan kami akan pahalanya), dan janganlah Engkau memberi kami fitnah sepeninggalnya, dan ampunilah kami dan dia."