Hadapi Kesulitan? Ini Doa Sebelum Ujian Agar Diberikan Kemudahan

Ketika kamu mengalami kesulitan untuk menghadapi ujian di sekolah atau di kampus, yang bisa kamu lakukan pertama adalah berdoa. Doa membuat diri kamu akan merasa nyaman dan damai, serta dapat memberikan jawaban atas masalah kamu. 

Lalu, apa saja doa dimudahkan segala urusan seperti sebelum ujian, ketika menghadapi masalah dan meminta pertolongan?

Berikut ini tiga doa meminta kemudahan dan kelancaran yang bisa kamu panjatkan kepada Allah SWT agar segala urusanmu dimudahkan, ujianmu dilancarkan, serta dihindarkan dari masalah apapun. Simak di bawah ini!

1. Doa sebelum melaksanakan ujian

Di bawah ini terdapat doa sahih dari Ibnu Hibban dalam Takhrij Al Adzkar hal 106, supaya mendapat kemudahan dan kelancaraan saat menghadapi ujian.

اَللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الْحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

Allaahuma laa sahla illa maa ja'altahu sahlan wa anta taj'alul hazna idzaa syi'ta sahlan.

Artinya: "Ya Allah! Tidak ada kemudahan kecuali apa yang Engkau jadikan mudah, sedang yang susah bisa Engkau jadikan mudah, apabila Engkau menghendakinya."

2. Doa ketika menghadapi masalah

Doa ini bisa kamu panjatkan kapanpun dan sesering mungkin.

"Hasbiyallahu lidiini hasbiyallahu lidun-yaaya, hasbiyallahu limaa ahammanii, hasbiyallahu limam baghaa 'alayy, hasbi-yallahu liman kaadanii bisuu', walaa haula walaa quwwata illaa billaah."

Artinya:

"Cukuplah Allah (sebagai penolongku) dalam (urusan) agamaku, cukuplah Allah (sebagai penolongku) dalam (urusan) duniaku, cukuplah Allah (sebagai penolongku) dalam kesusahanku, cukuplah Allah (sebagai penolongku) dalam menghadapi orang yang berbuat aniaya kepadaku, cukuplah Allah (sebagai penolongku) dalam (menghadapi) orang yang melakukan tipu daya jahat kepadaku. Tiada daya upaya dan kekuatan melainkan  dengan pertolongan Allah."

3. Doa ketika meminta pertolongan

يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيْثُ، وَأَصْلِحْ لِيْ شَأْنِيْ كُلَّهُ وَلاَ تَكِلْنِيْ إِلَى نَفْسِيْ طَرْفَةَ عَيْنٍ أَبَدًا

Ya hayyu ya qayyum bi rahmatika astaghiits, wa ash-lihlii sya’nii kullahu wa laa takilnii ilaa nafsii thorfata ‘ainin abadan

Artinya: “Wahai Rabb Yang Maha Hidup, wahai Rabb Yang Maha Berdiri Sendiri tidak butuh segala sesuatu, dengan rahmat-Mu aku minta pertolongan, perbaikilah segala urusanku dan jangan diserahkan kepadaku sekalipun sekejap mata mendapat pertolongan dari-Mu selamanya.”

Itulah doa yang bisa kamu panjatkan ketika meminta pertolongan untuk diberikan kemudahan segala urusan dan masalah. 

DISKON UP TO 50% OFF

Lihat koleksi sekarang