Skip to content

Cart

Your cart is empty

Article: Khasiat Membaca Doa Sapu Jagat Setiap Hari

Khasiat Membaca Doa Sapu Jagat Setiap Hari

Khasiat Membaca Doa Sapu Jagat Setiap Hari

Sudah bukan rahasia jika Doa Sapu Jagat adalah doa berupa permohonan kebaikan di dunia maupun di akhirat. Permohonan tersebut mencakup keamanan, keberuntungan, kesehatan, rezeki, dan aspek baik lainnya, termasuk kebaikan di akhirat dengan menjadi penghuni surga. Dengan membaca dan mengamalkan doa ini, umat Muslim berharap dapat memperbaiki kehidupan mereka.


Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk membaca doa ini karena memang memiliki makna yang luas. Berikut khasiat yang didapatkan saat memanjatkan Doa Sapu Jagat setiap hari.

 

1. Permohonan Kebaikan di Akhirat

Setiap individu harus menyadari bahwa kehidupan dunia adalah sementara. Setelah kematian, akan ada kehidupan baru yang abadi di akhirat. Oleh karena itu, membaca doa Sapu Jagat dapat menjadi permohonan untuk kehidupan yang baik di hari akhir. Kebaikan akhirat yang disuarakan melalui doa ini memiliki nilai lebih tinggi daripada kebaikan dunia. 

Beberapa bentuk kebaikan tersebut diantaranya tidak mendapatkan siksaan selama di alam kubur, mendapatkan pertolongan berharga di padang Mahsyar, menerima catatan amal perbuatan dengan tangan kanan, perhitungan yang mudah pada saat hisab, memudahkan menyebrangi jembatan Ash Shirath, mendapatkan syafaat dari Rasulullah SAW dan terhindar dari panas matahari yang menyengat, kesempatan untuk minum langsung di telaga Al Kautsar Rasulullah SAW., memiliki kedudukan terbaik di sisi Allah SWT., dan terhindar dari tempat abadi di neraka.

 

2. Permohonan Kebaikan dalam Dunia

Al-Qur'an mengajarkan bahwa tujuan hidup manusia di dunia adalah untuk beribadah kepada Allah SWT. Namun, kehadiran syaitan menjadi ancaman yang nyata, menggoda manusia dan mengalihkan perhatian dari tujuan utama. Godaan syaitan dapat membuat manusia melupakan tujuan utama hidup, sehingga banyak yang terjerumus dalam perbuatan buruk dan maksiat terhadap Allah SWT. Doa Sapu Jagat berperan penting sebagai bentuk perlindungan dari berbagai godaan keburukan di dunia. Dengan memohon kebaikan melalui doa ini, manusia berharap agar jalan hidupnya selalu sesuai dengan perintah Allah SWT.

Kebaikan yang diperoleh dapat menjadi sarana untuk melaksanakan ibadah dengan
lebih khusyu. Beberapa bentuk kebaikan yang dapat diperoleh di dunia seperti pikiran dan kesehatan tubuh yang selalu dalam kondisi baik, harta yang diperoleh secara halal dan rezeki yang selalu mencukupi, pasangan hidup yang sholeh atau sholehah, kendaraan atau transportasi yang baik, rumah yang luas, ilmu yang bermanfaat, serta lingkungan yang selalu aman dan nyaman.

 

3. Permohonan Perlindungan dari Siksa Api Neraka

Islam telah menjelaskan tentang Yaumul-Hisab, yakni hari perhitungan amal perbuatan manusia, baik kebaikan maupun keburukan yang dilakukan sepanjang hidup. Jika amal baik lebih berat, tempatnya adalah surga, tetapi sebaliknya, jika amal buruknya lebih berat, akan langsung masuk neraka. Melalui ayat 201 surah Al-Baqarah, umat Muslim diingatkan untuk memohon perlindungan dan ampunan Allah SWT sejak sekarang, mengakui kesalahan selama hidup. Meskipun demikian, kehidupan harus diimbangi dengan perbuatan baik.

Doa Sapu Jagat, secara umum, bermakna sebagai permohonan kebaikan di dunia dan akhirat. Rasulullah SAW menganjurkan umat Muslim untuk mengamalkannya secara istiqomah, terutama setelah menjalankan sholat fardhu, terlebih di waktu-waktu mustajab.