Skip to content

Cart

Your cart is empty

Article: 5 Waktu yang Diyakini Tepat untuk Mengamalkan Doa Sapu Jagat

5 Waktu yang Diyakini Tepat untuk Mengamalkan Doa Sapu Jagat

5 Waktu yang Diyakini Tepat untuk Mengamalkan Doa Sapu Jagat

Doa Sapu Jagat merupakan salah satu doa pendek yang memiliki banyak manfaat. Sangat dianjurkan untuk setiap umat Muslim mengamalkan doa ini setiap hari. Walau setiap waktu merupakan hal baik untuk berdoa namun 5 waktu ini diyakini sangat tepat untuk mengamalkan Doa Sapu Jagat. Jika sudah menghafal doanya, sebaiknya diamalkan secara rutin di waktu-waktu terbaik supaya Allah SWT segera mendengar doa kita. Niatkan sepenuhnya supaya Allah SWT memberikan kebaikan di dunia sampai di akhirat kelak.

1. Sholat wajib 5 waktu


Waktu yang sangat dianjurkan untuk membaca doa, termasuk Doa Sapu Jagat, adalah pada saat melaksanakan sholat wajib 5 waktu. Saat berada dalam posisi sholat, seseorang berkomunikasi langsung dengan Allah, dan ini merupakan kesempatan yang sangat berharga untuk menyampaikan doa-doa termasuk permohonan kebaikan di dunia dan akhirat.

Membaca Doa Sapu Jagat setelah sholat wajib 5 waktu memiliki nilai tersendiri, karena pada saat itu hati dan pikiran seseorang cenderung lebih khusyuk dan fokus pada ibadah. Doa yang dibacakan dengan penuh kesadaran dan keikhlasan pada waktu-waktu tersebut diharapkan lebih didengar oleh Allah.

 

2. Sepertiga malam terakhir

Pada sepertiga malam terakhir, sangat dianjurkan untuk segera bangun dan melaksanakan ibadah, termasuk berdoa. Allah SWT telah memerintahkan para malaikat-Nya untuk turun ke bumi pada waktu ini, dengan tujuan mengabulkan doa-doa yang dipanjatkan oleh hamba-hamba-Nya. Momen ini merupakan kesempatan istimewa di mana doa-doa kita dapat diterima dengan penuh rahmat dan keberkahan. Oleh karena itu, memanfaatkan sebagian malam terakhir untuk berdoa merupakan tindakan yang sangat dianjurkan dalam menciptakan ikatan yang erat dengan Allah dan mendapatkan keberkahan-Nya.

 

3. Sesudah mendengar ataupun membaca doa setelah adzan berkumandang

Doa Sapu Jagat dapat segera dipanjatkan setelah mendengar atau membaca doa setelah adzan berkumandang. Praktik ini memberikan kesempatan untuk segera menyampaikan permohonan kebaikan di dunia dan akhirat kepada Allah, sekaligus sebagai bentuk penghormatan terhadap panggilan adzan yang merupakan seruan untuk melaksanakan ibadah. Dengan memanfaatkan momen ini, umat Muslim dapat menjalin koneksi spiritual dengan Tuhan secara langsung dan menjadikan setiap aktivitas sehari-hari sebagai kesempatan untuk memperbaiki diri dan mendekatkan diri kepada-Nya.

 

4. Sebelum, selama ataupun sesudah shalat Jumat

Waktu sebelum, selama, ataupun sesudah shalat Jumat merupakan momen yang sangat mustajab untuk melantunkan Doa Sapu Jagat. Sunnah Rasulullah SAW mengajarkan bahwa di antara kubah yang pertama dan kedua dari masjid adalah waktu yang sangat potensial untuk doa-doa dikabulkan oleh Allah. Menyadari keutamaan waktu-waktu ini, umat Muslim dapat memanfaatkannya sebagai peluang untuk menyampaikan berbagai permohonan, termasuk kebaikan di dunia dan akhirat. Praktik ini menciptakan kesadaran spiritual dan memperkuat ikatan pribadi dengan Sang Pencipta dalam setiap ibadah, khususnya pada hari Jumat yang memiliki keistimewaan tersendiri dalam agama Islam.

 

5. Malam lailatul qadar

Waktu yang dianggap sangat mustajab untuk mengamalkan bacaan Doa Sapu Jagat adalah pada malam Lailatul Qadar. Malam tersebut dianggap lebih baik dari seribu bulan dan merupakan saat di mana Al-Qur'an pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Bagi yang ingin meniru praktik Rasulullah, mereka dapat melakukan i'tikaf, yaitu berdiam diri di masjid selama beberapa hari, khususnya pada 10 malam terakhir bulan Ramadan.

I'tikaf memungkinkan seseorang untuk mendekatkan diri kepada Allah dengan berbagai amalan, termasuk membaca Doa Sapu Jagat. Selama malam Lailatul Qadar, doa-doa dikabulkan dengan lebih besar, dan kesempatan untuk meraih kebaikan di dunia dan akhirat menjadi lebih potensial. Dengan mengamalkan doa pada momen ini, umat Muslim dapat merasakan keberkahan dan berharap untuk mendapatkan ampunan serta berbagai kebaikan yang dijanjikan dalam doa tersebut.