Kumpulan Doa Penenang Hati saat Merasa Gelisah

Memanjatkan doa merupakan salah satu cara berkomunikasi umat beragama kepada Tuhan Yang Maha Esa. Nggak hanya meminta, doa juga sangat baik dilakukan saat tengah memiliki perasaan sedih, senang, galau hingga gelisah. Doa diyakini mampu meringankan beban yang dirasakan untuk mendapatkan perlindungan dari pertolongan dari-Nya. 

Saat tengah merasa gelisah, hendaknya setiap umat muslim berdoa kepada Allah SWT untuk meminta ketenangan hati. Terdapat beberapa doa yang bisa dilafalkan, selengkapnya di bawah ini

 

1. Doa hati tenang

Saat kamu merasakan hal-hal yang negatif seperti gelisah, sedih dan cemas, kamu meminta perlindungan kepada Allah SWT dengan membaca doa ini.

اَللَّهُمَّ اِنِّى اَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَاَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَاَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَاَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّ جَالِ

"Allahumma inni a’uuzubika minal hammi wal hazan. wa a’udzubika minal ajzi wal kasali, wa a’udzubika minal jubni wal bukhli, wa a’udzubika min ghalabatid daini wa qahrir rijaal."

Artinya:

"Ya Tuhanku, aku berlindung kepadaMu dari rasa sedih serta duka cita ataupun kecemasan, dari rasa lemah serta kelemahan, dari kebatilan serta sifat pengecut, dan beban utang serta tekanan orang-orang jahat."

 

2. Doa hati tenang dalam QS Thaha 25-28

Doa ini dibaca oleh Nabi Musa saat menghadapi Fir'aun dalam QS Thaha 25-28.

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

"Rabbish rahli sadri. Wayassirli amri. Wahlul uqdatam millisani. Yafqahu qauli"

Artinya: 

"Wahai Tuhanku, lapangkanlah bagiku dadaku, dan mudahkanlah bagiku urusanku, dan lancarkanlah lidahku supaya mereka faham ucapanku."

 

3. Doa hati tenang dalam QS Al Baqarah 250

Doa ini dibaca oleh tentara Talut saat melawan tentara Jalut yang terlihat lebih perkasa dan kuat dalam QS. Al Baqarah ayat 250.

رَبَّنَآ اَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَّثَبِّتْ اَقْدَامَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ ۗ

"Rabbanaa afrig 'alainaa shabraw wa tsabbit aqdaamanaa wansurnaa 'alal qaumil kafiriin."

 “Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami, kukuhkanlah langkah kami dan tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.”

 

4. Doa hati tenang menurut Hadist Imam Thabrani

Doa ini berdasarkan Hadist Imam Thabrani.

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ قَالَ لِرَجُلٍ قُلِ اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ نَفْسًا بِكَ مُطْمَئِنَّةً ، تُؤْمِنُ بِلِقَائِكَ ، وَتَرْضَى بِقَضَائِكَ , وَتَقْنَعُ بِعَطَائِكَ

"Allahumma inni as-aluka nafsan bika muthma-innah, tu’minu biliqo-ika wa tardho bi qodho-ika wataqna’u bi ’atho-ika."

Artinya: 

"Ya Allah, aku memohon kepadaMu jiwa yang merasa tenang kepadaMu, yang yakin akan bertemu denganMu, yang ridho dengan ketetapanMu, dan yang merasa cukup dengan pemberianMu."

DISKON UP TO 50% OFF

Lihat koleksi sekarang