Skip to content

Cart

Your cart is empty

Article: Manfaat dan Bacaan Doa Sapu Jagat

Manfaat dan Bacaan Doa Sapu Jagat

Manfaat dan Bacaan Doa Sapu Jagat

Doa sapu jagat merupakan doa yang berisikan permohonan kebaikan di dunia serta di akhirat.  Permohonan tersebut meliputi keamanan, keberuntungan, kesehatan, rezeki dan hal-hal baik lain, salah satunya Kebaikan akhirat, yang bermaksud menjadi penghuni surga. Melalui membaca dan mengamalkan doa Sapu Jagat, setidaknya umat muslim memiliki pengharapan untuk memperbaiki kehidupannya.

Anjuran doa Sapu Jagat “Dari Anas, ia berkata, ‘Kebanyakan doa yang dibaca Rasulullah SAW adalah ‘Allahumma, atina fid dunya hasanah, wa fil akhirati hasanah, wa qina ‘adzaban nar, ’’ (HR Bukhari dan Muslim). 

Bacaan Doa Sapu Jagat

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

"Robbanaa aatina fiddunya hasanah, wafil aakhirati hasanah waqinaa 'adzaa bannaar,".

Artinya: “Wahai Tuhan kami, anugerahi kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan jauhkan kami dari api neraka.”

Para ahli tafsir mengatakan bahwa kebaikan di dunia adalah kesejahteraan dan kebahagiaan yang meliputi tiga dimensi, yakni rohani (mental dan spiritual), jasmani (tubuh, badan) dan sosial. Kesejahteraan yang pertama antara lain meliputi kecerdasan intelektual, moral dan mental. Kesejahteraan kedua antara lain, tubuh yang sehat, tidak cacat, tidak luka, kuat dan indah. Sementara kebaikan yang ketiga adalah kemampuan finansial (ekonomi) dan kehormatan diri.

Ahli tafsir, Fakhr al-Din al Razi berpendapat bahwa kebaikan dunia adalah hidup aman, anak-anak (generasi) yang saleh (berakhlak mulia), pasangan yang berakhlak mulia, rizki yang mencukupi dan aman dari kekerasan. (Lihat Al-Razi, Al-Tafsir al-Kabir).

Ahli tafsir lain, Ibnu Katsir mengatakan bahwa doa tersebut mengandung semua tindakan yang membawa kebaikan dan terhindar dari semua keburukan. Kebaikan di dunia meliputi, tubuh yang sehat, tidak berpenyakit ('afiah), tempat tinggal yang lapang, pasangan yang menarik, rizki yang cukup, ilmu yang bermanfaat, amal saleh (kerja-kerja yang baik), kendaraan yang nyaman dan kehormatan diri yang terjaga. Sementara kebaikan di akhirat adalah kebahagiaan dan surga. (HJ-03)