Skip to content

Cart

Your cart is empty

Article: Sholat Istikharah: Niat, Doa, dan Waktu Mustajab Melaksanakannya

Sholat Istikharah: Niat, Doa, dan Waktu Mustajab Melaksanakannya

Sholat Istikharah: Niat, Doa, dan Waktu Mustajab Melaksanakannya

Sholat Istikharah adalah ibadah penting dalam Islam yang dilakukan ketika seseorang dihadapkan pada pilihan hidup yang sulit dan memerlukan petunjuk dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Simak di bawah yuk tentang Sholat Istikharah, termasuk niatnya, doa yang dibacakan, dan waktu-waktu yang dianggap mustajab (terbaik) untuk melaksanakannya.

Niat Sholat Istikharah:

Sumber: Pinterest

Sebelum melaksanakan Sholat Istikharah, penting untuk menentukan niat yang tulus dan jujur. Niat ini adalah fondasi dari doa ini. Niat untuk Sholat Istikharah adalah sebagai berikut:

"Dengan niat Sholat Istikharah, saya memohon petunjuk dari Allah dalam hal [sebutkan pilihan atau keputusan yang kamu hadapi], semoga Allah memudahkan dan memberikan yang terbaik bagiku."

Doa Sholat Istikharah:

Sumber: Pinterest

Setelah menentukan niat, langkah berikutnya adalah membaca doa Istikharah. Doa ini adalah cara kita berbicara kepada Allah dan meminta petunjuk-Nya. Doa Istikharah sebagai berikut:

"Allahumma inni istikhartuka bi 'ilmika wa istaqdiruka biqudratika wa as-'aluka min fadlika al-'azim. Fa-innaka taqdiru wa la aqdiru wa ta'lamu wa la a'lamu wa anta 'allamu l-ghuyub. Allahumma, in kunta ta'lamu anna hadhal-amra khairun li fi dini wa ma'ashi wa 'aqibati amri (aw qala: fi 'ajili amri wa 'ajilihi) faqdurhu li wa yassirhu li thumma barik li fihi. 

Wa in kunta ta'lamu anna hadhal-amra sharrun li fi dini wa ma'ashi wa 'aqibati amri (aw qala: fi 'ajili amri wa 'ajilihi) fasrifhu 'anni wasrifni 'anhu. Waqdir li al-khaira haythu kana thumma ardini."

Arti doa ini adalah, "Ya Allah, sesungguhnya aku meminta petunjuk kepada-Mu dengan ilmu-Mu, dan aku meminta kepada-Mu kekuatan dengan qudrat-Mu, dan aku mohon kepada-Mu karunia-Mu yang besar. Sesungguhnya Engkau Maha Mengetahui segala hal, sementara aku tidak mengetahuinya, dan Engkau adalah Maha Mengetahui segala yang ghaib. 

Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini baik bagiku dalam agamaku, kehidupanku, dan akhiratku (atau Engkau juga dapat mengatakan: dalam urusan dunia dan akhiratku), maka tentukanlah dan permudahlah bagiku. Berilah berkah dalam urusan itu. Tetapi jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini buruk bagiku dalam agamaku, kehidupanku, dan akhiratku (atau dalam urusan dunia dan akhiratku), maka jauhkanlah dan jauhkanlah aku daripadanya. Tentukanlah kebaikan bagiku di mana pun ia berada, dan kemudian berilah keberkahan dalam urusan itu."

Waktu Mustajab untuk Melaksanakan Sholat Istikharah:

Sumber: Pinterest

Waktu pelaksanaan Sholat Istikharah adalah hal penting. Ada beberapa waktu yang dianggap mustajab untuk melaksanakan sholat ini:

Setelah Sholat Sunnah: Lebih baik melakukannya setelah sholat sunnah, seperti sholat Dhuha atau sholat tahajjud. Waktu-waktu ini adalah saat hati kita lebih dekat dengan Allah.

Saat di Tengah Malam: Waktu tengah malam, ketika dunia tenang dan kita dapat fokus sepenuhnya, adalah waktu yang baik untuk Sholat Istikharah.

Sebelum Sholat Fajar: Waktu antara terbitnya fajar hingga sebelum sholat Subuh adalah saat yang baik untuk Sholat Istikharah.

Sholat Istikharah adalah alat penting bagi umat Islam untuk meminta petunjuk dan bimbingan dari Allah ketika dihadapkan pada pilihan hidup yang sulit. Dengan niat yang tulus, doa yang sungguh-sungguh, dan melaksanakannya pada waktu-waktu mustajab, kita dapat merasa lebih yakin dalam mengambil keputusan penting dalam hidup kita.