Skip to content

Cart

Your cart is empty

Article: Tata Cara Salat Taubat Sebelum Ramadan

Tata Cara Salat Taubat Sebelum Ramadan
Ramadhan

Tata Cara Salat Taubat Sebelum Ramadan

Salat taubat nasuha juga sering disebut salat istighfar atau salat minta ampun. Salat ini hukumnya sunah yang dilakukan dalam rangka memohon pengampunan Allah. Setelah menjalankan salat taubat nasuha, seorang muslim diharapkan tidak lagi mengulangi kembali dosa atau perbuatan maksiat yang pernah dilakukan. 

Dasar hukum tentang salat taubat nasuha ada pada Alquran dalam surat At-Tahrim ayat 8 yang artinya, "Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai.

Melakukan salat taubat juga sangat dianjurkan dilakukan sebelum menjalani Ramadan. Berikut tata cara salat taubat yang benar.

 

Tata cara salat taubat

Tata cara salat taubat sama seperti salat sunnah lainnya, dilakukan sebanyak dua rakaat dengan sekali salam. Dapat dilakukan dua rakaat, empat rakaat, atau enam rakaat. Salat taubat juga merupakan salat nafilah yang tidak disyariatkan untuk dikerjakan secara berjamaah. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Niat salat taubat nasuha

Boleh diucapkan dalam hati, boleh juga dengan melafazkannya. Niatnya adalah, "ushalli sunnatat taubati rokaataini lillahi taala." Artinya, "Saya niat salat sunnah taubat dua rakaat karena Allah."

  1. Takbirotul Ihram
  2. Membaca doa iftitah (sunnah)
  3. Membaca surat Al-Fatihah
  4. Membaca surat dari Alquran
  5. Rukuk (membaca tasbih rukuk tiga kali)
  6. I'tidal (membaca doa I'tidal)
  7. Sujud (membaca tasbih sujud tiga kali)
  8. Duduk di antara dua sujud (membaca doa di antara dua sujud)
  9. Sujud kedua
  10. Bangun dan melanjutkan rakaat kedua dengan urutan yang sama seperti di atas
  11. Tasyahud akhir
  12. Salam
  13. Berdoa memohon ampunan

Sebagai penyempurna dari amalan salat taubat, kamu dapat memperbanyak membaca istighfar yang biasanya dilakukan hingga 100 kali sambil diresapi dalam hati setulus-tulusnya. Meminta ampun dengan istighfar ini ada baiknya disertai dengan dzikir-dzikir menyebut asma Allah.