Skip to content

Cart

Your cart is empty

Article: Doa Awal dan Akhir Tahun Beserta Artinya

Doa Awal dan Akhir Tahun Beserta Artinya

Doa Awal dan Akhir Tahun Beserta Artinya

Tak terasa sebentar lagi kita akan melewati masa pergantian tahun. Selain merayakan dengan keluarga dan kerabat terdekat, nggak ada salahnya untuk turut membaca doa  sebagai salah satu puji syukur karena mampu melewati tahun dengan baik serta harapan mendapat perlindungan dan keberkahan di tahun yang baru. Doa awal dan akhir tahun bisa dibaca dan diamalkan oleh umat muslim

Doa awal dan akhir tahun bisa dibaca sebanyak 3 kali. Hal ini dilakukan untuk menyambut tahun baru dan berharap agar anugerah akan terjadi di masa mendatang. Dengan membaca doa ini, diharapkan umat muslim juga akan selalu dalam lindungan Allah SWT.

 

Bacaan Doa Akhir Tahun

Doa akhir tahun bisa dibaca dan diamalkan oleh umat muslim. Doa akhir tahun ini berisi tentang harapan di masa mendatang agar lebih baik dan penuh berkah. Berikut doa akhir tahun dan artinya:

اَللّٰهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هٰذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْهُ وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوْبَتِيْ وَدَعَوْتَنِيْ إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِيْ عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِيْ وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثَّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِيْ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ

Allahuma ma amiltu min amalin fi hadzihis sanati ma nahaitani anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fiha alayya bi fadhlika ba’da qudratika ala uqubati, wa da’autani ilat taubati min ba’di jara’ati ala ma’shiyatik. Fa inni astaghfiruka, fdaghfirli wa ma amiltu fitha mimma tardha, wa wa’attani ‘alaihits tsawaba, fa asaluka an tataqabbala minni wa la taqtha raja’i minka ya karim.

Artinya:

"Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu-sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu. Tuhanku, aku berharap Kau menerima perbuatanku yang Kau ridhai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahala-Mu. Janganlah kau membuatku putus asa. Wahai Tuhan Yang Maha Pemurah."

Doa Awal Tahun

Doa awal tahun berisi tentang wujud syukur kepada Allah SWT dan bentuk harapan atau keinginan agar tahun yang akan datang bisa membawa berkah. Anda bisa membaca doa ini setelah selesai shalat wajib. Berikut doa awal tahun dan artinya:

اَللّٰهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهٰذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِهِ، وَالعَوْنَ عَلَى هٰذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ

Allahumma antal abadiyyul qadimul awwal. Wa ala fadhlikal 'azhimi wa karimi judikal mu'awwal. Hadza amun jadidun qad aqbal. As'alukal ishmata fihi minas syaithani wa auliya'ih, wal 'auna ala hadzihin nafsil ammarati bis sul, wal isytighala bima yuqarribuni ilaika zulfa, ya dzal jalali wal ikram.

Artinya:

“Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan iblis dan para walinya di tahun ini. Aku pun mengharap pertolongan-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada-Mu, aku memohon bimbingan agar aktivitas keseharian mendekatkanku pada rahmat-Mu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan.”