Skip to content

Cart

Your cart is empty

Article: Doa Kelancaran Berbicara untuk Atasi Gugup di Depan Umum

Doa Kelancaran Berbicara untuk Atasi Gugup di Depan Umum

Doa Kelancaran Berbicara untuk Atasi Gugup di Depan Umum

Merasa gugup saat hendak berbicara di depan publik memang biasa dirasakan oleh banyak orang, tersebut jika kamu belum terbiasa. Jangan panik dahulu, salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan rasa tenang sebelum berbicara ialah dengan memanjatkan doa. Hal ini bisa membantumu mengurangi rasa grogi dan gelisah datang saat berbicara.

Al-Qur'an menyebutkan bahwa doa ini dibaca oleh Nabi Musa AS ketika mendapat perintah dari Allah SWT untuk menyampaikan risalah kepada Fir'aun. Tugas tersebut membuat nyali Nabi Musa ciut dan sulit berbicara dengan fasih, bahkan dirinya diam tanpa bicara selama tujuh hari, seperti dikutip dari sumber yang sama.

Nabi Musa AS memiliki kekurangan yakni rasa kaku pada lisannya yang membuat orang lain sulit memahami apa yang ia katakan.

Akhirnya, Nabi Musa memohon kepada Allah SWT agar Nabi Harun yang merupakan saudaranya menggantikan dirinya untuk mendakwahi Raja Fir'aun. Ini dikarenakan Nabi Harun sangat pandai dalam berbicara.

Setelah memohon, Nabi Musa diberikan kemudahan dan keringanan dalam melaksanakan dakwah kepada Raja Fir'aun, lisannya mampu berbicara dengan baik dan benar.


Kamu bisa mengamalkan hal tersebut melalui doa ini. Berikut merupakan doa kelancaran berbicara yang dibacakan, seperti dikutip dari buku Adab dan Doa Harian tulisan Latif Ustman di bawah ini:

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Bacaan latin: Robbis rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul 'uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii.

Artinya: "Ya Rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku," (QS Thaha Ayat 25-28).