Skip to content

Cart

Your cart is empty

Article: Doa Nabi Adam untuk Memohon Ampunan

Doa Nabi Adam untuk Memohon Ampunan

Doa Nabi Adam untuk Memohon Ampunan

Nabi Adam merupakan makhluk pertama yang diciptakan oleh Allah dari tanah untuk menyembahNya. Sebelum Siti Hawa diciptakan, Nabi Adam selalu merasa kesepian hingga akhirnya Allah SWT dengan kuasanya menciptakan Siti Hawa sebagai pendamping Nabi Adam.

Mereka hidup bahagia di surga, namun Allah memberikan satu larangan kepada Adam dan Hawa, yakni larangan memakan buah kuldi. Sayangnya, akibat hasutan setan, Adam dan Hawa memakannya. Berkat kejadian tersebut Allah SWT menurunkan keduanya ke bumi, dengan jarak yang terpisah jauh.

Nabi Adam sadar akan kesalahannya yang sudah melanggar perintah Allah SWT. Rasa penyesalan dan berdosa selalu mengiringi kehidupan Nabi Adam di bumi, termasuk Hawa yang juga mengakui kesalahannya kepada Allah SWT. Keduanya tak henti-henti bertobat dan memohon ampunan dari Allah SWT. Sering kali dalam hidupnya di bumi, Nabi Adam mendatangi ka’bah, salat dua rakaat, dan berdoa kepada Allah. 

Doa-doa Nabi Adam kini bisa kamu panjatkan untuk memohon ampunan dari Allah SWT. Selengkapnya simak di bawah ini.

 

1. Doa Nabi Adam memohon ampunan kepada Allah SWT

pinterest.com

Berikut adalah doa Nabi Adam untuk memohon ampunan dari Allah SWT.

قَالَا رَبَّنَا ظَلَمْنَآ أَنفُسَنَا وَإِن لَّمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ ٱلْخَٰسِرِينَ

Qālā rabbanā ẓalamnā anfusana wa il lam tagfir lanā wa tar-ḥamnā lanakụnanna minal-khāsirīn

Artinya: Keduanya berkata: "Ya Tuhan kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri, dan jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya pastilah kami termasuk orang-orang yang merugi.

 

2. Doa harian Nabi Adam

pinterest.com

Layaknya seperti manusia biasa, Nabi Adam juga selalu diberikan ujian dan cobaan dari Allah SWT. Hal tersebut diberikan oleh Allah SWT karena rasa cintaNya kepada Nabi Adam dan Hawa.

Melalui ujian dan cobaan tersebut, Adam dan Hawa belajar untuk bisa menjadi manusia yang bertakwa kepada Allah SWT.

Berikut adalah doa sehari-hari Nabi Adam saat menjalani hidup di bumi.

اَللَّهُمَّ إِنَّكَ تَعْلَمُ سِرِّيْ وَعَلاَنِيَتِيْ فَاقْبَلْ مَعْذِرَتِيْ، وَتَعْلَمُ حَاجَتِيْ فَأَعْطَنِيْ سُؤْلِيْ، وَتَعْلَمُ مَا فِيْ نَفْسِيْ فَاغْفِرْلِيْ ذَنْبِيْ، اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ إِيْمَانًا دَائِمًا يُبَاشِرُ قَلْبِيْ، وَأَسْأَلُكَ يَقِيْنًا صَادِقًا حَتَّى أَعْلَمَ أَنَّهُ لَنْ يُصِيْبَنِيْ إِلاَّ مَا كَتَبْتَهُ عَلَيَّ، وَالرِّضَا بِمَا قَسَمْتَهُ لِيْ يَا ذَا الْجَلاَلِ وَاْلإِكْرَامِ.

Allahumma innaka ta’lamu sirrii wa’alaa niyatii faqbal ma’dzirotii, wata’lamu haajatii fa a’thonii sulii, wata’lamu maa fii nafsii faghfirlii dzanbii, allahumma innii asalyka iimaanang daaimang katabtahu ‘alayya, warridhoo bimaa qosamtahulii yaa dzaljalaali wal ikroom.

Artinya: Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Tahu keadaaan batin dan zahirku, maka terimalah alasanku, dan Engkau Maha Tahu akan hajat / keperluanku maka berilah aku segala permintaanku, dan Engkau Maha Tahu akan apa yang ada dalam diriku maka ampunilah dosaku. Ya Allah, aku memohon kepada-Mu iman yang langgeng yang selalu melekat pada hatiku, dan aku memohon keyakinan yang sungguh-sungguh hingga aku tahu bahwa tidak akan menimpaku kecuali apa-apa yang telah Engkau tetapkan kepadaku, dan aku memohon kerelaan atas apa yang Engkau bagikan kepadaku, wahai Yang Maha memiliki keagungan dan kemuliaan.