Skip to content

Cart

Your cart is empty

Article: Doa Sholat Taubat Beserta Tata Caranya

Doa Sholat Taubat Beserta Tata Caranya

Doa Sholat Taubat Beserta Tata Caranya

Awal manusia menginjak bumi tak ada dosa & hati suci, namun semakin bertambahnya usia tanpa disadari manusia melakukan perbuatan dosa ataupun kesalahan. Biasanya hal-hal yang tak disukai atau dilarang oleh Allah SWT yang dilakukan baik secara sengaja maupun tak sengaja.

Doa sholat taubat

Untuk menebus dosa-dosa yang dilakukan, dalam agama Islam manusia dapat melakukan Sholat Taubat. Merupakan Sholat Sunnah pada sepertiga malam sampai sebelum waktu Sholat Subuh tiba, bisa dilakukan bersamaan dengan Sholat Sunnah lainnya seperti Tahajud & Hajat.

Sedangkan untuk rakaat bisa dilakukan dalam jumlah genap 2 rakaat, 4 rakaat atau 6 rakaat. Sebelum menjalankan Sholat Taubat, simak tata cara di bawah ini.

Niat Sholat Taubat

Ushalli Sunnatat Taubata Rakataini Lillahi Taala

Artinya: Saya niat salat sunnah taubat dua rakaat karena Allah.

Tata Cara Sholat Taubat

  1. Membaca niat sholat taubat
  2. Takbiratul ihram
  3. Membaca doa iftitah 
  4. Membaca surat Al-Fatihah
  5. Membaca surat dari Alquran
  6. Rukuk
  7. Itidal 
  8. Sujud 
  9. Duduk di antara dua sujud 
  10. Sujud kedua
  11. Berdiri lanjutkan rakaat kedua & seterusnya
  12. Tasyahud akhir
  13. Salam
  14. Membaca doa shalat taubat

Doa setelah Sholat Taubat

"Allahumma anta robbii laa ilaaha illaa anta, kholaqtanii wa ana ‘abduka wa ana ‘ala ‘ahdika wa wa’dika mastatho’tu. a’udzu bika min syarri maa shona’tu, abuu-u laka bini’matika ‘alayya, wa abuu-u bi dzanbii, faghfirlii fainnahuua laa yaghfirudz dzunuuba illa anta"

Artinya: "Ya Allah Engkau adalah Tuhanku. Tidak ada sesembahan yang hak kecuali Engkau. Engkau yang menciptakanku, sedang aku adalah hambamu dan aku di atas ikatan janjimu dan akan menjalankannya dengan semampuku. Aku berlindung kepadamu dari segala kejahatan yang telah aku perbuat, aku mengakuimu atas nikmatmu terhadap diriku dan aku mengakui dosaku padamu, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yang mengampuni segala dosa kecuali Engkau."