Skip to content

Cart

Your cart is empty

Article: Kumpulan Doa yang Dapat Dilafalkan Pada Awal Puasa

Kumpulan Doa yang Dapat Dilafalkan Pada Awal Puasa
Ramadhan

Kumpulan Doa yang Dapat Dilafalkan Pada Awal Puasa

Tersisa 2 hari lagi menuju bulan suci Ramadhan, menyambut bulan penuh berkah ini saat yang tepat untuk kamu mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya! Tak hanya dari menjalankan ibadah puasa, sholat & bersedekah namun dengan melantunkan doa-doa juga bisa menambah pahalamu. 

Salah satunya doa-doa yang tepat dibacakan pada saat awal puasa atau hari pertama menjalankan ibadah puasa. Berikut telah Duha Muslimwear rangkum doa-doa yang bisa dibacakan usai sholat wajib & sunnah. 

Doa awal puasa

Dok. Pinterest.com

Doa awal puasa 1 

"Allahumma adhalla syahru ramadhâna wa hadlara, fa sallimhu lî wa sallimnî fîhi wa tasallamhu minnî. Allahummarzuqnî shiyâmahu wa qiyâmahu shabran wahtisâban, warzuqnî fîhil jadda wal ijtihâda wal quwwata wan nasyâtha, wa a'idznî fîhi minassâmati wal fatrati wal kasali wan na'âsi, wawaffiqnî fîhi li lailatil qadri waj'alhâ khairan min alfi syahrin."

Artinya: "Ya Allah, bulan Ramadhan sudah membayangi dan datang. Maka, sampaikanlah [bulan] Ramadhan kepadaku, dan sampaikanlah aku [dengan selamat] ke dalamnya, dan terimalah [amal-amal]ku [di bulan] Ramadhan. Ya Allah, karuniailah aku kesabaran dan [niat tulus] mengharap [pahala dan ridha-Mu] atas puasa [Ramadhan]ku dan [qiyamul lail]ku. [Ya Allah], karuniailah aku dalam [bulan] Ramadhan kesungguhan hati, ketekunan, kekuatan, dan vitalitas. [Ya Allah], lindungilah aku dalam [bulan] Ramadhan dari kebosanan, lemah lesu, kemalasan, dan lemas/[banyaknya kantuk]. [Ya Allah], sukseskanlah aku dalam [mendapatkan] lailatul qadar di [bulan] Ramadhan [ini], dan jadikanlah [pahala atau kebaikan]nya [lebih] baik dari seribu bulan." (Imam Abul Qasim Sulaiman bin Ahmad ath-Thabrani, Kitâb al-Du'â', 2007, hlm. 312)

Doa awal puasa 2

Hilālu rusydin wa khairin (2 kali), āmantu bil ladzī khalaqaka, (3 kali), alhamdulillāhil ladzī dzahaba bi syahri kadzā, wa jā'a bi syahri kadzā.

Artinya: "Bulan petunjuk dan kebaikan (2 kali). Aku beriman kepada Tuhan yang menciptakanmu (3 kali). Segala puji bagi Allah yang menghilangkan bulan itu, dan mendatangkan bulan ini," (HR Abu Dawud).