Skip to content

Cart

Your cart is empty

Article: Manfaat Puasa Daud, Beserta Niatnya yang Perlu Kalian Tahu!

Manfaat Puasa Daud, Beserta Niatnya yang Perlu Kalian Tahu!

Manfaat Puasa Daud, Beserta Niatnya yang Perlu Kalian Tahu!

Banyaknya amalan yang bisa diraih untuk mendapatkan pahala, dengan ibadah Sholat Wajib dan Sunnah. Selain itu dengan menjalankan Puasa Sunnah, salah satunya yang baik dilakukan yang juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh adalah Puasa Daud. 

Makna puasa Sunnah Daud sendiri ialah jika dilakukan umat Muslim akan mendapatkan pahala yang berlimpah sedangkan jika tidak dijalankan pun tak mendatangkan dosa. Biasanya Puasa Daud dikerjakan pada waktu selang seling, lebih tepatnya satu hari puasa lalu satu hari pun tidak dalam waktu yang tak bisa ditentukan atau sesuai kemampuan.

Puasa Daud

Dok. Pinterest 

Salat yang paling dicintai Allah adalah salat Nabi Daud dan puasa yang paling dicintai Allah adalah puasa Nabi Daud, ia tidur separuh malam kemudian salat di sepertiganya dan tidur lagi di seperenamnya, ia puasa sehari serta berbuka sehari,” (HR Bukhari).

Niat Puasa Daud 

Nawaitu shauma daawuda lillahi ta’alaa

Artinya: Saya berniat puasa Daud, sunnah karena Allah ta'ala.

Manafaat Puasa Daud

Puasa Daud memiliki berbagai manfaat dan keutamaannya selain mendapatkan pahala yang berlimpah ialah puasa Daud merupakan Puasa Sunnah yang tertinggi atau paling utama:

Puasa yang paling utama adalah puasanya Nabi Daud ‘alaihissalam, ia berpuasa sehari dan berbuka (tidak berpuasa) sehari” (HR an-Nasa`i).

Oleh karena itu disarankan umat Muslim untuk menjalankan Puasa Daud selama masih mampu dan memiliki tubuh yang sehat. Yuk, sama-sama raih pahala!