Skip to content

Cart

Your cart is empty

Article: Manfaat Sholat Tahajud yang Dilakukan di Bulan Ramadhan

Manfaat Sholat Tahajud yang Dilakukan di Bulan Ramadhan
Ramadhan

Manfaat Sholat Tahajud yang Dilakukan di Bulan Ramadhan

Sholat Tahajud merupakan Sholat sunnah yang dilakukan pada malam hari, akan semakin istimewa jika dilakukan saat bulan suci Ramadhan. Karena memasuki bulan Ramadhan pahala tak hanya didapatkan lewat berpuasa, namun dengan menjalankan Sholat Sunnah salah satunya Tahajud akan mendapatkan pahala yang berlimpah, doa dikabulkan & dijanjikan masuk Surga.

“Dirikanlah shalat di waktu malam ketika manusia sedang tidur, dan masuklah surga dengan kedamaian” (HR. Ahmad, Ibnu HIbban, dan Hakim).

Sholat tahajud dilakukan setelah waktu Isya hingga sebelum waktu Subuh, dengan minimal 2 rakaat. 

Manfaat sholat tahajud

Sedangkan manfaat dari Sholat Tahajud yakni:

1. Allah akan meridhoi hidupnya 

Barangsiapa yang menjalankan Sholat Tahajud akan mendapat ridho dari Allah SWT.

“Tiga orang yang diridhoi Allah SWT yaitu orang yang pada tengah malam bangun dan shalat, suatu kaum (jamaah) yang bershaf untuk shalat, dan suatu kaum yang berbaris untuk perang di jalan Allah” (HR Abu Ya’la)

2. Doa dikabulkan 

Manfaat lainnya melakukan Sholat Tahajud maka doa-doa akan dikabulkan oleh-Nya.

“Rabb kita Tabaraka wa Ta’ala turun setiap malam ke langit dunia ketika masih tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berfirman: “Barangsiapa yang memohon ampun kepada-Ku, niscaya Aku mengampuninya. Barangsiapa yang memohon (sesuatu) kepada-Ku, niscaya Aku akan memberinya. Dan barangsiapa yang berdoa kepada-Ku, niscaya Aku akan mengabulkannya.” (HR. Bukhari). 

3. Kebiasaan yang dilakukan orang shaleh

Orang-orang shaleh biasa melakukan Sholat Tahajud tiap harinya yang bertujuan agar hatinya merasa lebih tenang, doa-doa dihapuskan serta menjauhkan tubuh dari berbagai penyakit. 

“Lakukanlah shalat malam karena itu adalah tradisi orang-orang shaleh sebelum kalian, sarana mendekatkan diri kepada Allah, pencegah dari perbuatan dosa, penghapus kesalahan, dan pencegah segala macam penyakit tubuh” (HR. Tirmidzi)