Skip to content

Cart

Your cart is empty

Article: Selain Puasa, Ini 7 Ibadah Lainnya yang Bisa Dilakukan Selama Ramadan

Selain Puasa, Ini 7 Ibadah Lainnya yang Bisa Dilakukan Selama Ramadan
Ramadhan

Selain Puasa, Ini 7 Ibadah Lainnya yang Bisa Dilakukan Selama Ramadan

Bulan Ramadan bisa dijadikan sebagai momen untuk memperbanyak ibadah dan pahala. Hal ini membuat bulan Ramadan semakin istimewa untuk para umat muslim. Selain melaksanakan ibadah puasa, kamu bisa memperbanyak pahala dengan melakukan ibadah lainnya. Terdapat 7 ibadah yang bisa menyempurnakan bulan Ramadan yang kamu lakukan. Selengkapnya simak di bawah ini.

 

1. Tadarus Al-Quran

Momen Ramadhan merupakan salah satu momen yang tepat untuk dijadikan rutinitas serta melebihkan dalam membaca Al-Quran. Membaca Al-Quran memiliki banyak kebaikan. Allah SWT juga akan melipatgandakan pahala pada setiap amalan yang dilakukan oleh umat Islam di bulan suci Ramadan.

 

2. Bersedekah

Rasulullah SAW merupakan orang yang paling dermawan di antara manusia lainnya. Oleh sebab itu, sebagai umat muslim bisa mencontoh perbuatan baik yaitu bersedekat, baik untuk kepentingan fi sabilillah maupun kaum dhuafa dan fakir miskin. Salah satu bentuk sedekah yang dianjurkan selama Ramadan ini adalah dengan memberikan ifthar atau hidangan berbuka puasa kepada orang-orang yang berpuasa.

 

3. Salat tarawih

Selain berpuasa, salat tarawih juga merupakan ibadah yang hanya dilakukan selama bulan Ramadan. Hal tersebut membuat amalan salat tarawih akan mendapat pahala yang bersarnya berlipat-lipat. 

 

4. I’tikaf

Pada sebuah hadits disebutkan bahwa, dari Ibnu Umar RA (diriwayatkan bahwa) Ia berkata: Rasulullah SAW selalu beri'tikaf pada sepuluh hari yang penghabisan di bulan Ramadhan. (HR. Al-Bukhari No. 2025 dan Muslim No. 2838). Menurut para ulama, hukum I'tikaf ini adalah sunnah, tidak wajib. Kecuali jika telah bernazar untuk beritikaf karena sesuatu hal.

Waktu untuk beri'tikaf adalah di akhir bulan Ramadhan atau 10 hari terakhir, sebagaimana hadits yang disampaikan Aisyah ra, Nabi shallallahu alaihi wa sallam beri'tikaf pada sepuluh hari yang akhir dari Ramadhan hingga wafatnya kemudian istri-istri beliau pun beri'tikaf setelah kepergian beliau. (HR. Al-Bukhari No. 2016 dan Muslim No. 1172).

5. Membayar zakat

Zakat menjadi amalan selanjutnya yang bisa dilakukan saat Ramadan karena dapat menjadi hal yang menyempurnakan amalan pada saat melakukan ibadah. 

ritikaf pada sepuluh hari yang akhir dari Ramadhan hingga wafatnya kemudian istri-istri beliau pun beritikaf setelah kepergian beliau. (HR. Al-Bukhari No. 2016 dan Muslim No. 1172).

 

6. Dzikir

Melakukan dzikir memang bisa dilakukan kapan saja, namun dzikir juga bisa menyempurnakan ibadahmu selama Ramadan. Keistimewaan dzikir ialah pada malam dan siang Ramadan merupakan waktu-waktu yang mulia dan utama. Sehingga kamu bisa menggunakan waktu tersebut untuk melakukan dzikir dan berdoa, khususnya pada waktu-waktu yang istijabah, diantaranya saat berpuasa hingga berbuka, saat malam terutama pada sepertiga malam terakhir dan saat sahur

 

7. Umrah

Jika kamu merasa memiliki rezeki yang cukup, melaksanakan umrah bisa dijadikan salah satu ibadah yang dilakukan saat Ramadan. Pahala umat muslim berangkat umrah pada bulan Ramadhan nilainya setara dengan haji bersama Rasulullah SAW.