Skip to content

Cart

Your cart is empty

Article: Wajib Tahu! 5 Manfaat Berpuasa Bagi Kesehatan!

Wajib Tahu! 5 Manfaat Berpuasa Bagi Kesehatan!
Ramadhan

Wajib Tahu! 5 Manfaat Berpuasa Bagi Kesehatan!

Menghitung hari menuju bulan Ramadhan, bulannya umat Muslim untuk menjalankan kewajiban berpuasa selama 30 hari penuh. 

Seluruh umat Muslim di dunia tidak diperbolehkan makan dan minum sejak memasuki waktu shalat Subuh hingga shalat Maghrib. Di Indonesia sendiri, umat Muslim harus menahan lapar dan haus selama kurang lebih 12 jam. 

Manfaat Puasa

Namun tahukah kamu? Tidak hanya tentang menahan nafsu di dalam diri, berpuasa ternyata memiliki manfaat besar untuk tubuh kita!

Di bawah ini ada 5 manfaat baik di balik ibadah puasa yang setiap tahun kita lakukan. Yuk, disimak!

1. Mengontrol Gula Darah

Ternyata puasa dapat membuat tubuh kita mengontrol kadar gula darah berlebih. Tidak makan dan tidak minum membantu tubuh mengurangi resistensi terhadap insulin yang selama ini bekerja sebagai pembawa gula menuju sel tubuh.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Mengubah pola makan dengan berpuasa bisa menjadi salah satu cara untuk merawat jantung hingga menjadi salah satu cara mencegah resiko penyakit jantung. 

3. Mencegah Kanker 

Berpuasa bisa membantu sel tubuh membersihkan diri, atau yang disebut autofagi. Pembersihan itu lah yang menjadi salah satu cara tubuh kita terhindar dari kanker. 

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Puasa dipercaya mampu menurunkan berat badan karena prosesnya bisa meningkatkan metabolisme, terlebih apabila menu makan berbuka puasa serta sahur juga diperhitungkan sesuai dengan kalori yang tepat. 

5. Meningkatkan Hormon Pertumbuhan 

Puasa bisa meningkatkan hormon pertumbuhan juga loh! Salah satunya adalah meningkatkan hormon pertumbuhan kekuatan otot

Wah! Ternyata banyak sekali manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan dengan berpuasa. Semoga setelah membaca ini, kita bisa makin semangat menjalani kewajiban puasa Ramadhan. 

Karena tidak hanya mengharap kebaikan dari Allah, tubuh kita ternyata bisa menjadi lebih sehat!