Skip to content

Cart

Your cart is empty

Article: Sederet Hal yang Biasa Dilakukan Masyarakat Selama Bulan Ramadhan di Indonesia

Sederet Hal yang Biasa Dilakukan Masyarakat Selama Bulan Ramadhan di Indonesia
Ramadhan

Sederet Hal yang Biasa Dilakukan Masyarakat Selama Bulan Ramadhan di Indonesia

Tidak terasa saat ini sudah memasuki hari ke 9 di bulan Suci Ramadhan 1443 Hijriyah, selama 9 hari umat muslim berhasil menjalankan puasa menahan haus dan rasa laparnya selama 13 jam. Sedangkan membahas suasana Ramadhan di Indonesia kira-kira seperti apa ya? Hingga saat ini Indonesia masih dalam suasana Pandemi, sudah memasuki tahun kedua masyarakat hidup dalam keadaan Pandemi. 

Tapi kalau dilihat dari tahun 2020 - 2021 hingga tahun ini adanya perbedaan suasana Ramadhan di Indonesia, terasa lebih terkesan “Hidup” dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Mall, resto-resto & hingga makanan kaki lima mulai ramai pengunjung, hampir sebagian besar Masjid pun sudah mengadakan Sholat Tarawih bersama dan setelah dinantikan bertahun-tahun Sholat Ied sudah boleh diadakan di Masjid namun tetap dengan aturan protokol kesehatan. Berbagai tempat wisata, seperti museum sampai dengan bioskop pun jadi sasaran masyarakat sambil ngabuburit menunggu berbuka puasa. 

Jika kita membahas suasana Ramadhan di Indonesia memang beragam ya! Banyaknya kebiasaan yang dilakukan umat muslim di bulan Suci Ramadhan ini. Yang paling sering dilakukan ialah berburu Takjil. Tak afdol rasanya jika berbuka puasa tanpa gorengan atau jajanan pasar lainnya. Selain ngabuburit berburu jajanan pasar bagaimana ya Ramadhan di Indonesia? Simak yuk di bawah ini.

1. Sholat Tarawih & Ied berjamaah di Masjid

Dok. Instagram/duha.muslimwear

Hampir 2 tahun sejak Pandemi ini Sholat Tarawih ditiadakan selama bulan suci Ramadhan, padahal Sholat Tarawih berjamaah di Masjid sangat ditunggu-tunggu tiap memasuki bulan Ramadhan. Besarnya antusias, biasanya sehabis berbuka puasa siap-siap dengan busana muslim rapi masyarakat ibadah di Masjid. Meski Sholat Tarawih Sunnah, namun Sholat ini hanya bisa dijalankan di bulan Ramadhan, sehingga sayang sekali jika melewatkan Sholat Tarawih. Dan pada hari kemenangan, jalankan ibadah Sholat Ied di Masjid. Di Jakarta, Masjid Istiqlal yakni Masjid terbesar di Asia Tenggara sudah mengadakan Sholat Tarawih serta nantinya Sholat Ied bersama.

2. Berburu Takjil 

Dok. Pinterest

Selama ngabuburit salah satu hal yang sering dilakukan di Ramadhan Indonesia ialah berburu Takjil. Hal yang satu ini salah satu yang nggak boleh terlewatkan saat bulan suci Ramadhan. Bagi sebagian orang terbiasa menyantap kue-kue basah terlebih dahulu sebelum makan nasi dan lauk pauk lainnya. Makanan yang nggak boleh ketinggalan biasa gorengan, lemper, martabak sampai minuman manis seperti es kelapa & sop buah. 

3. Buka puasa bersama keluarga / teman-teman

Dok. Instagram/duha.muslimwear

Dari awal Ramadhan biasanya kalender mu sudah dipenuhi dengan ajakan buka puasa bersama yang sering disebut bukber, dari minggu pertama - akhir. Di awal minggu biasanya bukber dilakukan bersama keluarga di resto atau dirumah yang dilanjutkan dengan Sholat berjamaah bersama sanak keluarga. Minggu-minggu selanjutnya berurutan dari bukber bersama teman kerja, kuliah sampai teman sd. Oleh karena itu bukber mirip dengan reuni dengan teman-teman lama. 

Untuk kamu yang sudah penuh dengan ajakan bukber jangan lupa perhatikan penampilanmu! Jangan sampai saltum lho. Kamu bisa tiru tips & triknya disini ya.

4. Mudik

Dok. Popsugar.com

Terakhir, kebiasaan bulan Ramadhan di Indonesia yang wajib dilakukan adalah mudik. Mudik ialah kegiatan dimana masyarakat Indonesia pulang ke kampung halaman untuk bertemu sanak saudara. Sebenarnya mudik sudah bisa dilakukan dari tahun 2021 lalu meskipun masih dibatasi dan ada aturan-aturan yang harus ditaati sebelum mudik. Untuk tahun 2022 ini belum ada informasi lebih lanjut, tapi semoga yang ingin melakukan perjalanan mudik dipermudah ya! 

Mudik biasa dilakukan lewat jalur darat maupun jalur laut. Siap-siap berburu tiket dari sekarang ya sebelum harganya melonjak naik. Satu hal yang terpenting, jangan lupa untuk selalu disiplin dengan protokol kesehatan.

Belanja Sekarang 🛒